UNP Gelar Kuliah Umum dan Launching Gerakan Merdeka Belajar "KAMPUS MERDEKA"

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, gelar kegiatan kuliah umum dan launching gerakan merdeka belajar "KAMPUS MERDEKA"  di canangkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Ir. Nizam,M.Sc,DIC,pH.D. kamis 5 maret 2020 di auditirium unp sumbar.

Rektor UNP Prof. Ganefri,Ph.D menjelaskan, program ini memberikan ruang dan kebebasan bagi mahasiswa untuk menambah kompetensi diluar prodinya. Misalnya mahasiswa jurusan akuntansi, dia butuh pendalaman tentang informasi dan teknologi serta programming, dia bisa mengambil prodi yang ada, maupun di perguruan di perguruan  tinggi yang lain," kata Ganefri.

Lehih lanjut Rektor UNP Prof. Ganefri,Ph.D menjelaskan, program ini memberikan ruang dan kebebasan bagi mahasiswa untuk menambah kompetensi diluar prodi yang diambilnya.  Mahasiswa unp akan diberikan kebebasan, untuk belajar diluar prodinya selama tiga semester, dan itu bisa diambil didalam institusional university maupun di luar UNP  Padang sendiri, dan ada standar nasional pendidikan tinggi permen dikbud no 3  THN  2020, yg mengatur tentang standar Nasional pendidikan tinggi. ucapnya

Tercantum  Peraturan – peraturan tersebut terdapat dalam pasal 18. dalam pasal tersebut  dipaparkan , khusus program sarjana dan sarjana terapan, di samping bisa menyelesaikan semua studinya dan semua mata kuliah yang di programkan menjadi beban belajarnya di prodi itu.

Ia mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan kerjasama dengan dunia usaha dan industri, untuk mendukung program ini, baik  dalam negeri  ataupun di luar negeri. "Ini akan terus kita kembangkan," 

Sementara itu, kata Ganefri ada mahasiswa asing yang sedang belajar di UNP sebanyak 25 orang dan mahasiswa UNP yang ada di luar sekitar 8 orang. Upaya itu dapat terwujud jika dilaksanakan selama satu semester," ujarnya.

 Untuk mewujudkan program gerakan merdeka belajar” kampus merdeka”  UNP melakukan kerjasama dengan sejumlah pengusaha hotel dan BUMN yang ada di sumbar. Kerjasama ini untuk mendukung kegiatan mahasiswa dan dosen dalam mengimplementasikan program –program tersebut. (Ay)


#tafch

Post a Comment

0 Comments