Terkait Corona, Pemko Payakumbuh Intenskan Koordinasi

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Di tengah peliknya kasus Virus Corona (Covid-19) yang mulai masuk ke Indonesia. Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melalui Kepala Dinas Kesehatan mengatakan pihak Pemko tetap komit dan siaga dalam mengantisipasi kasus ini di tengah masyarakat, agar masyarakat tidak terlalu cemas dan khawatir terhadap penyebaran covid-19 ini.

"Disamping kita tetap menyiapkan sistim rujukan yg terencana dan aman, bila kita temukan kasus, mulai dari puskesmas ke Rumah Sakit Umum Adnaan WD Payakumbuh, hingga ke RSUD M. Djamil Padang," kata Bakhrizal saat dihubungi via telpon selulernya, Selasa (3/3/2020).

Dikatakannya, informasi apapun tentang perkembangan kasus dan bagaimana penjagaan agar virus tersebut tidak sampai masuk ke Sumatra Barat terus dilakukan, dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar untuk terus memantaunya.

Masyarakat diminta agar tidak panik dan tidak berspekulasi berlebihan bila berkontak dengan orang-orang yang mengalami gangguan pernafasan ataupun orang-orang yang penyakitnya bergejala seperti flu.

"Bila ada saudara kita yang sakit, segera datang ke puskesmas terdekat, Pemko siap memberikan pelayanan kesehatan bagi warga, kalau perlu informasi, tanyakan ke petugas tentang gejala-gejala penyakit yang bisa timbul bila terpapar oleh virus corona, sehingga kita bisa tau informasi yang benar," kata Bakhrizal.

Selain pihak Pemko Payakumbuh terus melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumbar untuk informasi seputar perkembangan kasus corona. Dari dalam, petugas di puskesmas juga diminta untuk aktif memantau di wilayah kerjanya.

"Hingga saat ini alhamdulillah di Kota Payakumbuh belum kita temui kasus ini. Mudahan tidak ada selamanya," tutupnya. (rel/014)

Post a Comment

0 Comments