Wawako Hendri Septa: Tradisi Urak Balabek Penting Untuk Selalu Diwarisi

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Atas nama Pemerintah Kota Padang, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya acara tradisi "Urak Balabek" Alek Nagari Pauh IX Kuranji dalam rangka prosesi melewakan (mengukuhkan) gala (gelar) guru / tuo silek (silat) di daerah Kuranji. 

Diketahui, memeriahkan kegiatan yang digelar selama Kamis-Sabtu (27-29/2/2020) itu, pada paginya ratusan pandeka (pendekar) silat Pauh IX, Kecamatan Kuranji  telah dibawa keliling kampung dengan arak-arakan kendaraan bendi mengambil start di halaman kantor KAN Pauh V lalu melewati sejumlah rute dan finish di halaman Kantor KAN Pauh IX.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Padang tersebut dalam sambutannya sewaktu membuka secara resmi Kegiatan yang dihelat di halaman Kantor KAN Pauh IX Kuranji, Kamis malam (27/2/2020). 

Alhamdulillah, kegiatan ini menjadi berkah bagi Kota Padang dimana melihatkan para ninik mamak yang selalu saling bersama menjaga pelestarian adat yang merupakan kebanggaan orang Minangkabau. Dan kita Pemerintah Kota Padang saat ini membutuhkan sumbangsih nyata seperti ini. 

Tentu besar sekali harapan kami kepada seluruh generasi muda untuk tidak ragu dan tidak malu menerima transfer dari ilmu-ilmu yang diberikan ninik mamak.

 Karena ini adalah harapan mereka juga agar ilmu-ilmu atau tradisi tersebut nantinya dipakai pada mereka dan juga nantinya diwarisi kepada generasi setelahnya.

Menurut Hendri lagi, dengan kegiatan Urak Balabek ini ia meyakini juga akan mengurangi tingkat kenakalan remaja atau hal-hal negatif lainnya. Hal itu dikarenakan mereka sudah disibukkan dengan hal-hal yang telah diajarkan seperti tradisi-tradisi yang ada. 

"Sehingga mereka bisa memfokuskan diri dan akan mengeluarkan aura positif dari aktivitas-aktivitas adat tersebut. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Padang kita sangat berterima kasih dan kami berharap kegiatan seperti ini harus terus kita lestarikan. Insya Allah tahun depan akan menggelarnya lebih meriah lagi termasuk juga melibatkan kaum millenial nantinya," harap Hendri Septa bersemangat.

Kegiatan yang dihadiri ratusan tuo silek di Pauh IX Kuranji ini juga dihadiri Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang Zulhardi Z Latif beserta pengurus.

Selanjutnya Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Irwan Basir Datuk Rajo Alam, Ketua Badan Musyawarah Nagari (BMPN) Pauh IX Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek, Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Evi Yandri Rajo Budiman yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Selain itu juga hadir sejumlah anggota DPRD Kota Padang daerah pemilihan (dapil) Kuranji dan Pauh antara lain Mastilizal Aye, Yandri Hanafi, Musni Zen, dan Zalmadi. (vid).

#tafch
#handrisepta

Post a Comment

0 Comments