M Fikar Dt Rajo Magek : MTQ Kuranji = Harga Diri

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Sejak dipercaya sebagai Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXXIX Tingkat Kota Padang 2020, M Fikar Dt Rajo Magek, langsung bergerak.

Selain merangkul seluruh komponen terkait demi menyukseskan alek akbar tersebut, dirinya ikut turun langsung memantau proses penjaringan qori/qori'ah yang dilaksanakan di sejumlah masjid dan mushalla yang ada di Kecamatan Kuranji dalam satu bulan terakhir.

" Ya, pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Kota Padang tahun 2020 ini sama dengan mempertaruhkan harga diri kami sebagai orang Kuranji. Untuk itu, saya mohon dukungan masyarakat demi suksesnya alek nasional ini," ungkap Fikar kepada wartawan, baru-baru ini.

Menurut Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kecamatan Kuranji itu, sebagai tuan rumah Kecamatan Kuranji bertekad mengejar "Trible Winner" yakni sukses prestasi, sukses penyelenggara dan sukses dalam promosi wisata di Kota Padang.

Target tersebut diakui Fikar, tidaklah muluk-muluk. Soalnya, semua potensi itu dimiliki Kuranji, hanya tinggal pembenahan sedikit saja lagi.

Misalnya, dari segi prestasi Kafilah Kecamatan Kuranji pernah meraih juara umum pada MTQ ke-37 yang dilaksanakan di Kecamatan Lubuk Begalung 2016 silam. Lalu, pada MTQ ke- 38 di Kecamatan Padang Timur tahun 2018, Kecamatan Kuranji hanya turun satu tingkat dan gelar juara umum direbut Kecamatan Koto Tangah.

"Nah, sekarang kita bertindak sebagai tuan rumah, tentu peluang merebut kembali juara umum sangat terbuka. Untuk itu, persiapan kafilah kita harus lebih optimal," kata alumni Fakultas Dakwah IAIN (kini UIN, red) Imam Bonjol Padang itu dengan nada optimis.

Kemudian, dari segi penyelenggara, Kecamatan Kuranji berada dalam posisi strategis dan menjadi pusat Pemerintahan Kota Padang saat ini.
Artinya, para tamu dan undangan nantinya akan merasa nyaman karena didukung fasilitas transportasi dan akomodasi yang cukup memadai.

Selanjutnya, dari segi promosi wisata, Kecamatan Kuranji yang berpenduduk sekitar 130 ribu jiwa tersebut memiliki sejumlah lokasi objek wisata alam dan wisata budaya.

Di antaranya, Taman Makam Pahlawan Kuranji, Bukik Napa, Pemandian Lubuk Tampuruang, Kolam Pancing Belimbing, Pincuran Tujuh dan Batang Kuranji serta Medan Nan Bapaneh/Kuliner Anak Nagari di areal kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji.

Selain itu, juga ada lembaga-lembaga basurah adat, lembaga tahfiz Qur'an, sasaran-sasaran silat dan grup kesenian tradisional maupun grup musik gambus/religi.

"Pokoknya, kita akan kerahkan semua potensi yang ada. Dan kami bersama pemerintah dan masyarakat sudah bertekad 'Sadanciang bak basi, Saciok bak ayam," tegas Kepala SMP 7 Muhammadiyah Padang itu meyakinkan.

Sekedar diketahui, pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Kota Padang akan dihelat di Kecamatan Kuranji pada Juni 2020.

Untuk mewujudkan target  "Trible Winner" tersebut, M Fikar juga dipercaya Camat Kuranji, Eka Putra Buhari sebagai Ketua Pelaksana MTQ tingkat Kecamatan Kuranji yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Maret mendatang. Yang bertindak selaku tuan rumah adalah Kelurahan Gunung Sarik.(noa).

#tafch

Post a Comment

0 Comments