ICBS Payakumbuh ke Negeri BELANDA dan PERANCIS

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kunjungan ICBS di Negeri Belanda disambut langsung oleh Marrik Bailen, Famke Stokkel, dan Sarah Familia, Senin (24/02/2020). Mereka menjelaskan seputar informasi tentang kehidupan kampus disana.

Seluruh delegasi yang dipimpin langsung Ketua Yayasan ICBS, Ahmad Maududi diberikan pengetahuan dan diajak untuk mengelilingi kampus serta menikmati makan siang di Cafetaria kampus.

Universitas Leiden adalah universitas umum di Belanda. Terletak di Leiden dan didirikan pada tahun 1575 oleh Pangeran Willem van Oranje, universitas negeri ini adalah universitas tertua di Belanda. Universitas Leiden dikenal untuk sejarah panjangnya, keunggulan di ilmu sosial, dan asosiasi pelajarnya.

Sebanyak 25.800 mahasiswa belajar di sembilan fakultas utama yang terdapat di Universitas Leiden: Matematika dan Ilmu Alam, Filsafat, Sastra, Hukum, Teologi, Arkeologi, Ilmu Sosial, Seni dan Kedokteran.

Motto Universitas Leiden adalah Praesidium Libertatis

Selain itu delegasi ICBS juga melihat dari dekat kampung nelayan Volendam dengan kincir angin nya sebagai pengendali air. 
Volendam merupakan nama kota di Belanda. Letaknya di bagian barat. Tepatnya di provinsi Noord-Holland, Belanda. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 21.000 jiwa. Kota ini merupakan kota utama di munisipalitas Edam-Volendam. Berstatus sebagai desa. 

Juga berkunjung ke Zaanse Schans. Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Zaanse Schans adalah lingkungan Zaandam, dekat Zaandijk, Belanda. Tempat ini terkenal karena koleksi kincir angin dan rumah bersejarahnya yang terpelihara dengan baik. Dari tahun 1961 hingga 1974 bangunan-bangunan tua dari seluruh Zaanstreek dipindahkan menggunakan trailer lowboy ke daerah tersebut

Salah satu bangunan monumental yang dilintasi rute canal cruise adalah rumah peninggalan Anne Frank, seorang perempuan Yahudi korban Holocaust yang membuat catatan harian dan kemudian dibukukan. Hingga kini, buku harian Anne Frank termasuk salah satu buku yang paling banyak dibaca di seluruh dunia.

Bangunan lain yang dilintasi rute canal cruise adalah gereja tertua di Belanda, yakni Oude Kerk. Gedung-gedung museum yang jumlahnya ada ratusan dan tersebar di seluruh Kota Amsterdam, sebagian besar juga bisa dilihat saat melintasi kanal di sekitarnya.

Begitupun museum yang ada di perairan, antara lain museum kapal kargo tua yang letaknya tak jauh dari central station di pusat kota. Masih di sekitar lokasi tersebut, bisa dilihat juga kapal dagang peninggalan VOC. Kapal itu kini juga berfungsi sebagai museum dan setiap hari banyak dikunjungi turis.

Museum kapal VOC yang berada di daerah hilir juga berdekatan dengan berbagai lokasi menarik, antara lain NEMO Science Center yang juga merupakan sebuah museum. Bentuknya yang khas dengan warna hijau dan tulisan NEMO berwarna kuning sangat mudah dikenali dari jauh.

Menurut Zulherman Syafril, salah seorang anggota delegasi, Rabu (26/02/2020), bahwa kunjungan studi tersebut berlanjut ke Perancis.(rel) 

Post a Comment

0 Comments