DLH Bersama Mahasiswa Berburu Sampah

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Hari Peduli Sampah (HPSN) dilaksanakan setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020 kali ini mengusung tema "Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera" sesuai dengan Surat Edaran dari Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : SE .1/MENLHK-PSLB3/PS/PLB.O/2/2020 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2020”,ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Dafrul Pasi, saat membuka kegiatan yang berlangsung di bantaran normalisasi sungai batang agam.

Selain itu, Dafrul Pasi juga mengatakan jika Persoalan sampah sudah semestinya menjadi perhatian dan tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat bukan hanya pemerintah. 

“Upaya yang dilakukan adalah dengan pengelolaan sampah yang semestinya dengan prinsip 3 R yaitu Reduce, Reuse dan Recyle”, ujar Daf sapaan akrab mantan staf ahli Walikota tersebut.

Hal ini telah tercantum sebagaimana dalam Undang-undang Nomor : 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan sampah. 

“Serta juga telah diperkuat dengan adanya Perda Kota Payakumbuh Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah yang telah direvisi menjadi Perda Kota Payakumbuh Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah”, ungkap Daf, Sabtu (22/2/2020).

Dalam pelaksanaan kegiatan yang berlangsung dari pukul 4-6.30 petang, Mahasiswa dari STKIP terkhusus Prodi Biologi berkerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup melakukan Kegiatan memburu sampah serta memilahnya. Kegiatan tersebut juga ikut melibatkan serta pengunjung taman wisata yang saat itu berada di lokasi.

Dafrul Pasi juga turut mengatakan jika Kegiatan ini dilaksanakan pada Destinasi Wisata Taman BWS Sumatera Lima Batang Agam Kota Payakumbuh. Pengunjung terlihat antusias mengikuti dengan menimbang sampah yang telah mereka pungut untuk ditukarkan dengan berbagai macam hadiah yang sudah disediakan.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan HPSN 2020  ini, Indonesia semakin bersih, maju dan sejahtera, dan terutama untuk Kota Payakumbuh kita ini tentunya”, harapnya.(014)

Post a Comment

0 Comments