CJH Pasaman Mesti Sehat Dan Bugar

IMPIANNEWS.COM (Pasaman)

Data yang diperoleh, sebanyak 229 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Pasaman mengikuti tes kebugaran haji di halaman GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping Jumat (14/2).

Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Edy Ridwan mengatakan kegiatan ini atas kerjasama Kantor Kementerian Agama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman.

Menurut Edy, hal ini penting dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan fisik para CJH yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Informasinya, para calon jemaah mengikuti sejumlah rangkaian cek kesehatan diantaranya pengukuran tensi, berat badan serta melakukan senam kebugaran yang dipandu oleh tim medis Dinas Kesehatan dimulai pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Dedi Wandra memberikan motivasi kepada calon tamu Allah tersebut agar selalu menjaga dan memeriksa kesehatan fisiknya, yang menurutnya sangat berpengaruh dengan pelaksanaan ibadah haji.
Menurut magester agama itu, kesehatan fisik sangat penting karena itu adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk meraih istithaah atau kesanggupan berangkat menunaikan ibadah.

“Jemaah harus memahami pentingnya kesehatan”,ujarnya.

Lebih lanjut Dedi menerangkan ibadah haji itu diperlukan persiapan fisik agar dapat menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci. Maka dibutuhkan rangkaian gaya hidup sehat diantaranya menjaga pola makan, aktivitas fisik dan istirahat wajib diperbaiki selama 2-3 bulan menjelang keberangkatan. 

Hematnya, ini bertujuan untuk memastikan calon jamaah memang siap untuk melakukan aktivitas fisik yang berat dan tidak memiliki kendala atau masalah kesehatan tertentu yang akan menghambat mereka beribadah.(suf78)

#taf