BMPN Pauh IX Ajak Anak Nagari Sukseskan Kegiatan Urak Balabek

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek mengajak semua elemen anak nagari untuk mensukseskan kegiatan Urak Balabek yang akan digelar pada Kamis, 27 Februari 2020, di Medan Nan Bapaneh Balai Adat Pauh IX.

"Saya mengajak kita semua untuk mensukseskan kegiatan Urak Balabek yang akan digelar di Kantor KAN Pauh IX. Mari kita sukseskan, sebagai bentuk pelestarian bela diri tradisi asli Pauh IX," cakapnya, Selasa, 25 Februari 2020.

Menurutnya, maurak Balabek adalah prosesi adat mengangkat para guru-guru di setiap tapian pangulu suku. Orang yang biasa melatih silat disasaran maka ketika acara maurak balabek bila dipandang sudah mungkin dan patut oleh gurunya yang berstatus guru tuo, maka guru tuo itulah yang mangilekan padang atau malewakan muridnya yang biasa melatih silat disasaran itu menjadi guru tuo pula.

"Sang guru yang tadinya menjadi guru tuo otomatis akan menjadi guru gadang. Bila guru tuo sudah menjadi guru gadang,  otomatis guru dari guru gadang yang baru dilewakan akan menjadi guru kako.  Diantara guru kako yang ada di setiap tapian maka ditetapkanlah salah seorang dari mereka menjadi ninik mamak pandeka oleh pangulu suku mereka," ungkapnya.

Ia mengatakan, pranata adat di Pauh Si Ampek Baleh tersusun dengan bagus dalam hal pewarisan adat dan budaya. Keberadaan Tapian pangulu dalam setiap suku mempunyai peranan yang sangat penting sekali. 

"Dalam hal adat dan pusako pangulu dibantu oleh Urang Tuo Adat, dalam hal sarak dan agama pangulu di bantu oleh Pandito,  dalam hal kebijakan bermasyarakat dan pembangunan nagari pangulu dibantu oleh cadiak pandai atau urang basako,  dalam hal pewarisan nilai nilai semangat dan harga diri dalam menempa anak dan kamanakan menjaga kampung halaman dan galanggang rami pangulu di bantu oleh ninik mamak pandeka dalam setiap tapian suku yang ada," urainya.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Padang sudah membuat kebijakan untuk memberi honor para guru silat saat ini, dengan harapan agar anak-anak kembali ke sasaran dan belajar silat sebagai warisan budaya para pendahulu mereka. 

"Tentu kita mendukung program pemko ini. Salah satu bentuk dukungan kita adalah dengan mensukseskan kegiatan Urak Balabek tersebut yang digagas oleh IPSI Kecamatan Kuranji bekerjasama dengan IPSI Kota Padang dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang," ungkapnya. (by).

#tafch

Post a Comment

0 Comments