Wamen PUPR Tinjau Dampak Bencana di Lima Puluh Kota

IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John Wempi Wetipo didampingi Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi melakukan peninjauan dampak bencana akibat longsor yang terjadi di kabupaten ini, khususnya jalur darat penghubung Sumbar - Riau. 

Jelang ke kabupaten Lima Puluh Kota, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo juga meninjau kabupaten Solok Selatan dan sejumlah daerah yang terdampak bencana di Sumatera Barat. 

Di Lima Puluh Kota, Jumat (03/01/2020) John Wempi menyebutkan bahwa Kementrian siap membantu perumahan bagi masyarakat yang nantinya direlokasi ke tempat yang baru dan lebih aman.

Diungkapkan John Wempi saat meninjau tanah terban di Koto Alam, bahwa Kementerian PUPR siap membantu menyediakan perumahan bagi warga yang akan direlokasi. Dirinya mengingatkan Pemerintah Daerah setempat untuk segera menyiapkan surat permohonan kepada pihaknya, sehingga rencana tersebut bisa terlaksana.

“ Tadi kita sudah diskusi dengan kepala desa (Walinagari.red) ya, nanti akan relokasi ya, jika memang memungkinkan. Kita dari Balai akan tunggu permohonan dari pak Bupati untuk relokasi, kita akan bantu untuk perumahan, yang penting ada permohonan.” Sebut Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo didampingi Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Ferry Stevanus Lahe, Kepala BPBD Propinsi dan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kab. 50 Kota, Joni Amir serta sejumlah pihak lainnya, saat berada dilokasi jalan terban di Jalur Sumbar-Riau, Jumat sore 3 Januari 2019.

John Wempi juga mengingatkan, bahwa yang terpenting saat ini adalah penananganan darurat terhadap jalan di Jalur tersebut yang terban beberapa waktu lalu. Penanganan diharapkan dapat segera diselesaikan sehingga Jalan Nasional yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat dapat dilalui seperti biasanya.

Sebelum melakukan peninjauan ke Jalan Raya Sumbar-Riau di Koto Alam yang mengalami terban beberapa waktu lalu itu, Wamen dan rombongan yang disambut Bupati 50 Kota dan Wakil Gubernur Sumabr, Nasrul Abit dirumah dinas Bupati di Kawasan Labuah Basilang Kecamatan Payakumbuh Barat, juga melakukan peninjauan Batang Sinamar di Jembatan Taram di Kenagarian Taram Kecamatan Harau.

Dijembatan tersebut, Wamen John Wempi juga sempat berdiskusi dengan sejumlah pejabat dari Propinsi Sumbar terkait penanganan dan proyek-proyek antisipasi bencana banjir di Kabupaten Limapuluh Kota kedepannya.(rel/014)

Post a Comment

0 Comments