Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz Bacakan Pesan Menteri Agama RI

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Keluarga besar Kankemenag Kota Riza melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari amal Bakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama. 

Upacara bendera dilangsungkan pada Jumat (03/01/2020) sekira pukul 09.00 WIB, di lapangan Sari Bulan kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan dengan Irup Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz membacakan pesan Menteri Agama RI, Fakhrul Razi. Sedangkan pengibaran bendera merah putih dilakukan Paskibra dari MAN 2 Payakumbuh. 

Upacara bendera HAB Kementerian Agama ke 74 di Kota Payakumbuh tampak dihadiri Kepala Kankemenag Jufrimal beserta jajaran, Kepala Dinas Pendidikan, Dandim 0306/50 Kota, Kapolres Payakumbuh, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh, Ketua PA, Forkopimda dan undangan. Ikut hadir Persatuan Pensiunan Kementerian Agama.

Upacara ini melibatkan semua siswa madrasah, PNS dan honorer, Penyuluh Agama, mahasiswa STAIDA dan STIT Payakumbuh.

Dibacakan Erwin Yunaz, Menteri Agama Fakhrul Razi menyebutkan bahwa Kementerian Agama yang lahir tanggal 3 Januari 1946, dengan menteri agama perdananya Mohammad Rosjidi.

Sesuai UUD 1945 pasal 29, bahwa Kementerian Agama tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Meski pembangunan infrastruktur fisik juga dilakukan oleh Kementerian Agama, namun itu dalam rangka menunjang pembangunan jiwa. Kementerian Agama menyelenggarakan dua fungsi strategis, yaitu fungsi agama dan fungsi pendidikan. Implementasikan visi misi pemerintah daerah kedalam program Kementerian Agama, dimana saja berada.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.

Dalam kesempatan memperingati Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama, secara khusus saya mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan 6 (enam) hal sebagai berikut:
1. Pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara;
2. Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan;
3. Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan;
4. Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama,organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat;
5. Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.
6. Implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

"Akhirnya, saya meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama,"Erwin Yunaz akhiri pesan Menteri Agama.

Usai pelaksanaan upacara bendera, Irup Erwin Yunaz menyalami dan mengucapkan selamat HAB ke 74 Kementerian Agama kepada keluarga besar Kankemenag Kota Payakumbuh.

Kesempatan itu, Erwin Yunaz juga menyempatkan diri menyerahkan Satya Lencana kepada sejumlah ASN Kankemenag Kota Payakumbuh. (014)