Pemkab Dharmasraya Miliki Mobil Donor Darah Keliling

IMPIANNEWS.COM
Dharmasraya, --- Satu unit mobil donor darah keliling lengkap dengan fasilitas peralatan tranfusi darahnya, diserahkan oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, kepada petugas donor darah PMI Dharmasraya, di halaman kantor bupati, usai pelaksaanaan apel gabungan awal tahun 2020.

Dr. Rahmadian, selaku Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, menjelaskan, kegunaan mobil ini sama halnya dengan tempat donor di RSUD dengan fasilitas lengkap dan penuh kenyamanan bagi setiap pendonor. 

"Hanya saja memudahkan pendonor lain di setiap sudut Dharmasraya, petugas akan menjemput langsung bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah, dan akan dibuat jadwal kunjungannya ke tempat-tempat lain. Ini sesuai dengan keinginan bupati kita," tutur Rahmadian, Kamis (02/01/2020)

Mobil donor darah ini hadir di Dharmasraya dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  Dharmasraya tahun 2019, dengan pagu dana Rp 900 juta. Mobil donor darah ini akan dioperasionalkan untuk meningkatkan tranportasi ke lapangan, di nagari-nagari untuk mengumpulkan dan melaksanakan donor masal di masyarakat dalam memenuhi kebutuhan atau stok darah yang cukup di RSUD Sungai Dareh, yang mana kebutuhan akan darah banyak dan cenderung terus meningkat.

Sesuai dengan harapan Bupati Dharmasraya, dioperasionalkannya mobil jenis Isuzu NMR 5.8 (4x2) M/T ini sebagai mobil donor darah untuk menjawab keinginan masyarakat Dharmasraya juga. Kedepan bupati berharap, tidak ada lagi masyarakat yang membutuhkan donor darah namun sulit mendapatkan kebutuhan darah.(rel/014)