MTsN 2 Payakumbuh Gelar Raker di Kapalo Banda

IMPIANNEWS.COM
Taram, --- Usai mengikuti upacara bendera peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama, pada Jumat (03/01/2020) di lapangan Sari Bulan kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kecamatan Payakumbuh Selatan, keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh bertolak ke kawasan wisata alam Kapalo Banda, Kenagarian Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Berdasarkan keterangan Kepala MTsN 2 Payakumbuh, Yenni Fitri didampingi Kaur TU, Murda Ayudi bahwa tujuan ke lokasi tersebut adalah untuk pelaksanaan rapat kerja (raker).

"Sebagaimana bisa, usai mengikuti upacara bendera HAB Kementerian Agama, kita lanjutkan rapat kerja internal. Kita hadirkan tenaga pendidik dan kependidikan. Sebagaimana mufakat bersama, raker internal tahun 2020 ini dipusatkan di Kapalo Banda. Biar fresh dibanding tahun lalu (resto terang bulan), "terang Yenni Fitri, Jumat (03/01/2020) siang. 

Dari pantauan di Kapalo Banda, raker dimulai usai makan siang, dikala kaum muslimin selesai mendirikan salat Jumat. Raker tampak dipimpin Kepala madrasah didampingi Kaur TU dan bendahara. 

Awal raker, Kepala madrasah menyampaikan pesan Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh. 

"Berhubungan sudah tahun anggaran 2020, kami harapkan SPJ tahun anggaran 2019 telah tuntas. Selain itu, SKP personalia agar disiapkan, sesuai kontrak kerja dan Aplikasi Sieka, termasuk SKP pribadi kami. Selain itu, realisasi anggaran 2019,"Yenni Fitri, sampaikan. 

Kesempatan itu, menghadapi tahun anggaran 2020 dan semester II tahun ajaran 2019/2020, Yenni Fitri imbau jajarannya untuk meningkatkan disiplin dan kinerja selaku aparatur negara yang bekerja di Kementerian Agama. 

"Mari kita tingkatkan rasa syukur kita. Dikala pencari kerja sibuk untuk jadi PNS. Sedangkan kita sudah PNS, mari kita syukuri itu. Bukti syukur itu adalah dengan menjalankan kode etik pegawai Kementerian Agama, Panca Prasetya Korpri dan sumpah jabatan. Menegakkan integritas dan kedisiplinan diawali dari pribadi. Tetaplah menjadi contoh bagi semua,"ajak Yenni Fitri. 

Terkait pengelolaan keuangan tahun anggaran 2020, Yenni Fitri imbau Kaur TU dan bendahara agar bijak menggunakan keuangan sesuai prosedur dan aturan berlaku. 

"penggunaan anggaran agar tetap mengacu pada juknis dan juklak terbaru. Tetaplah saling bertanya dan mencari informasi sesama Kaur TU dan sesama bendahara. Kalau ada keraguan silahkan tanyakan pada pimpinan secara berjenjang. Kapan perlu ke perencana di kanwil,"imbuhnya. 

Terkait kepegawaian dan administrasi, Yenni Fitri juga mengharapkan jajaran TU semakin energik, mau belajar, inovasi dan meningkatkan SDM dan pelayanan publik dan keterbukaan informasi. 

Menyinggung PBM, Yenni Fitri juga menghimbau tenaga pendidik untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mendongkrak nilai UN siswa kelas IX serta nilai kenaikan bagi siswa kelas rendah. 

Yenni Fitri juga mengajak jajarannya, juga semakin semangat dalam bidang non akademis guna meningkatkan prestasi MTsN 2 Payakumbuh di tingkat Sumbar dan nasional. 

Diterangkan Yenni Fitri, dengan KMA No. 183 dan 184, kita (madrasah) diberi kewenangan untuk pengembangan kurikulum. Terutama dengan mapel mulok, disana tidak dicantumkan jumlah jamnya, tapi diserakan ke satker sesuai kearifan lokal. Dan untuk menggenjot mapel untuk KSM. Untuk kewirausahaan harus didukung oleh guru keterampilan agar mengarahkan peserta didik untuk bisa menghasilkan karya yang produktif untuk keperluan,  dan membantu kebutuhan peserta didik. Tidak mengandalkan dana bos saja sebagai tambahan dana untuk kegiatan siswa. Apalagi kita punya lahan yang luas untuk dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kearifan lokal, sehingga peserta didik punya keterampilan bercocok tanam, minimal keterampilan setelah lulus nanti.

"Untuk itu, selamat bekerja. Besok kita awali dengan goro bersama. Mari kita tetap optimis, agar MTsN 2 Payakumbuh semakin melaju nama baiknya, serta diminati dan dicintai atas prestasinya,"ajak Yenni Fitri.