Ini Tips Sederhana Balon Bupati Solok Saat Kunjungi Usaha Perbengkelan Masyarakat

IMPIANNEWS.COM (Kab. Solok).

Hal utama yang dibutuhkan dalam membuka usaha bengkel mobil atau bengkel motor. Selain harus mengantongi modal, perencanaan matang musti dipersiapkan. Sebab tanpa perencanaan, tentunya usaha yang didirikan akan sulit untuk maju. 

Dikatakan pemilik bengkel mobil AA Sahabat di Sawok Laweh Solok, Kamis (2/02/20), teruntuk bagi yang masih tahap pemula di usaha perbengkelan, apalagi bila modal terbatas. Bisa memulainya dengan kategori jenis usaha bengkel umum. Karena bengkel umum dapat melakukan pekerjaan yang meliputi ganti oli, jasa pasang sparepart dan perbaikan ringan.

Jika usaha bengkel masih skala kecil, memiliki satu orang montir yang benar-benar ahli akan sangat membantu. Selain itu, manfaat mempekerjakan montir ahli ialah, pekerjaan dapat cepat selesai dengan baik dan pelanggan tidak terlalu lama menunggu.

Tempat yang nyaman, sangat berpengaruh bagi bengkel mobil ataupun motor. Usahakan menata suasana bengkel sebaik mungkin, tukasnya. 

Yang terdengar menarik disampaikan pemilik bengkel ini ialah, dirinya sangat terharu mendengar paparan dan support tulus Hendra Saputra kepadanya. 

Disebutkan pemilik bengkel AA Sahabat, dengan kunjungan Hendra Saputra SH, M.Si ke bengkelnya, selain silahturahim semakin dekat, juga menjadikan ia makin optimis dalam memajukan usaha yang digeluti.

"Disamping bercakap cakap sembari berbagi pengalaman dengan beliau (Hendra), saya mengagumi tutur katanya yang begitu sopan. Baik dalam mensupport usaha saya maupun bertutur bahasa lainnya. Melihat kepribadian santun beliau. Dirasa adalah lumrah, bila masyarakat menyukai sekaligus menginginkan negeri Tugu Ayam Kukuak Balenggek ini di pimpin oleh Hendra Saputra", sebut ia.

Beliau sangat RAMAH dan rendah hati, semoga dilapangkan jalannya oleh Allah SWT agar dapat memimpin Kab. Solok untuk tahun 2021 – 2026 nanti, tuturnya.

Disampaikan Hendra Saputra SH, M.Si. Usaha Kecil dan Menengah, baik itu bidang perbengkelan atau lainnya, dirasa perlu mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah demi menunjang usahanya. Dukungan dari pemerintah sangatlah dibutuhkan mereka.

Seperti yang kita tahu, papar Hendra. Para Usaha Kecil dan Menengah, kerap terkendala oleh keminiman modal. Perlunya peran aktif pemerintah daerah didalamnya, merupakan kebijakan tepat.

Terkhusus untuk usaha perbengkelan, Dosen Fakultas Hukum dan Bahasa Belanda di UMMY, sekaligus di STAI SNI Solok dan AKPER YPTK Solok ini, memaparkan tips sederhananya. Dikatakan Hendra, untuk memantapkan atau mematangkan usaha perbengkelan, tentulah ada beberapa aspek yang musti diperhatikan. Misalnya, memilih lokasi yang lebih tepat.

“Menghindari beberapa lokasi yang berdekatan dengan puskesmas, sekolah, rumah sakit adalah langkah tepat dalam membuka usaha tersebut. Karena, yang namanya usaha bengkel, sudah tentu menimbulkan suara nan lumayan bising”, pungkasnya.

Apapun usaha jasa ataupun berdagang, nan paling utama adalah, lanjut Hendra. Melayani konsumen/pelanggan dengan sikap RAMAH. Sebab sikap yang ramah, tentulah bakal membuat pelanggan akan merasa nyaman.

Setiap orang karakteristiknya berbeda beda. Ada yang lembut dan ada juga sebaliknya. Sebagai pengusaha jasa atau usaha lainnya, musti sabar menghadapi berbagai karakter konsumen, tukas Hendra.

Orang yang beriman, menunjukan sikap baik dan ramah. Jadi, sikap ramah itu harus di integrasikan dalam diri. Keimanan seorang mukmin, dapat diukur dari seberapa jauh "Keramahan" ia dalam kehidupan sosialnya.

Menjadi pengusaha sukses di dunia perbengkelan, tentulah merupakan tujuan utama bagi yang membidanginya. Sukses adalah cita-cita atau harapan yang di impikan oleh setiap orang, sebut Hendra.

Untuk meraih kesuksesan, yang pertama adalah modal keyakinan atau tawakal. Keyakinan yang kuat akan memberikan energi tambahan, sebab ia mampu memicu semangat. Sebaliknya, bila keyakinan diselimuti oleh pondasi keraguan, tentunya akan kesulitan meraih kesuksesan. Tukas Hendra Saputra Balon Bupati Solok ini, menuturkan.

“Bekerjalah untuk duniamu, seakan-akan kita akan hidup selamanya, dan berbuatlah untuk akhiratmu, seolah-olah kita akan mati esok hari,” demikian sabda Nabi yang menerangkan tentang konsep hidup ideal seorang mukmin dalam memaknai kesuksesan. Terang Birokrat Muda ini, berpesan.

Dari hasil pantauan media ini, Hendra Saputra SH, M.Si mengunjungi beberapa bengkel milik masyarakat. Antara lain, bengkel Irvan Service di Jalan Solok Sumani, Bengkel AA Sahabat di Jalan Sawok Laweh Solok dan Bengkel Taruna Rabbani yang terletak di Jalan Batu Gadang Solok. (Red).