Jalur Sumbar - Riau Sudah Bisa Dilewati. Tetap Waspada

Foto by Seven Loviansyah (Kodim 0306/50 Kota) 
IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- Hujan lebat yang turun di Kabupaten Lima Puluh Kota pada Sabtu (23/11/2019) sore menyebabkan longsor di kawasan Bandrex House turunan 17 di Jorong Koto Marapak, Nagari Persiapan Hulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. 

Longsor tersebut membuat macet arus lalu lintas Sumbar - Riau. Tampak penumpukan kendaraan dari arah Sumbar menuju Pekanbaru dan sebaliknya dari arah Pekanbaru menuju Sumbar.

Kondisi ini membuat petugas kepolisian, dishub dan BPBD kerja keras. Di tengah hujan, tampak alat berat pun dioperasikan di kawasan tersebut.

"Saat ini memang terjadi kemacetan yang cukup panjang karena jalur penghubung Sumbar dan Riau putus sementara," ujar AKP Erman.

Hingga pukul 23.45 jalur sumbar riau masih belum bisa dilewati normal. Kondisi material longsor yang menutupi badan jalan membuat kendaraan belum bisa melalui kawasan tersebut. Sementara jangan melewati jalur ini dulu karena masih dalam pengerjaan pembersihan material longsor. Diharapkan pengendara R2 dan R4 untuk bersabar dan hati-hati. 

Kondisi terbaru saat ini di kawasan longsor Ulu Aia, Kabupaten Limapuluh Kota, Jalur Payakumbuh - Pekanbaru, Minggu (24/11) dini hari sekira pukul 01.30 WIB, mulai kondusif.

Beberapa alat berat terlihat mulai melakukan pekerjaan membersihkan badan jalan yang tertimbun longsor sepanjang kurang lebih 15 Meter dengan ketinggian mencapai 1 meter.

Diperkirakan dua jam kedepan Minggu dini hari, sekira pukul 03.00 WIB, ratusan kendaraan sudah bisa melalui jalur transportasi dengan sistem buka tutup hingga sampai kondisi normal kembali.

Hal itu dikatakan oleh Kalaksa BPBD Joni Amir melalui Kabid BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol kepada awak media.

” Alat berat sudah sampai dan mulai bekerja di lokasi. Biasanya evakuasi material tanah longsor di badan jalan hanya membutuhkan waktu sebentar, pembersihan lumpur butuh proses juga,” ungkapnya.

Sekira pukul 07.57 wib, kembali Kabid BPBD Rahmadinol melaporkan kondisi terkini lokasi longsor. 

"Ijin melaporkan,  Pak. Lalin Payakumbuh - Pekanbaru sudah bisa dilewati mobil jam 05.00 wib.  Lancar baru jam 06.00 wib. Tetap hati-hati, wassalam,"tulis Rahmadinol.(014)