Wujudkan Rawang Bersih, Andi Amir Gerakkan Warga Bersihkan Tumpukan Sampah

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Lurah Rawang, Andi Amir terus mengelu-elukan kepada warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan. Hal ini tak lain dan tak bukan demi terwujudnya Kelurahan Rawang bersih, nyaman dan aman  di Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Sumatera Barat.

Lurah muda berlian, Andi Amir Minggu (21/4), melihat tumpukan sampah tepatnya di lokasi pembuangan sampah (LPS) liar di jl. Komplek Villa Mega Kelurahan Rawang, ia pun mengimbau jajarannya serta didukung masyarakat setempat membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Aksi pun dilakukan menggunakan exscavator yang merupakan bantuan dari Anggota DPRD Kota Padang Amril Amin serta didukung  beberapa unit truk sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang bergerak kelokasi.

"Selama ini keberadaan sampah dikeluhkan warga, karena sudah lama dibiarkan sehingga menimbulkan bau tak sedap. Hal itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di Kelurahan Rawang. Kami imbau semua warga untuk dapat memakluminya," ujar Andi.

Lebih lanjut kata Andi, ia akan memasang spanduk peringatan larangan membuang sampah di luar container dan himbauan bagi warga untuk mematuhi jadwal pembuangan sampah. 

"Kalau ketahuan kita akan kenakan sanksi menurut Perda 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah," tegasnya.

Selain itu tambahnya, upaya selanjutnya untuk menjaga kebersihan di Kelurahan Rawang yakni akan maksimalkan keberadaan Lembaga Pengelolaan Sampah (LPS) di tingkat RW.

"Kita menginginkan sampah dari rumah tangga diambil oleh petugas LPS kemudian dibuang ke tempat penampungan sementara (TPS) resmi yang ada bak countainernya," tukasnya.

Sementara warga setempat terlihat menyambut baik dan senang dengan dibersihkannya timbunan sampah liar tersebut.

"Kami sangat senang atas  aksi ini, selama ini kita terganggu karena bau sampah yang menyengat," tutur Erlina salah satu dari warga yang mengungkapkan kegembiraannya. (dvd)