Walikota Harap Peringatan HKB Bukan Sekedar Seremonial Belaka

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Pastinya kita tidak mengharapkan bencana terjadi di payakumbuh, termasuk yqng mengganggu proses belajar dan mengajar berlangsung. Maka dari itu kita harus menerapkan prinsip-prinsip dan strategi dasar untuk membantu pihak sekolah dan stakeholder membangun sekolah siaga bencana atau sekolah yang aman dari bencana.

Daerah kita dikategorikan daerah rawan bencana. Bencana memang sulit dihindari, namun hal yang bisa diupayakan adalah mengurangi jatuhnya korban serta meminimalkan kerugian harta benda akibat bencana.

Sambutan tersebut disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi melalui Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Jumat (26/04/2019) dalam Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional Tahun 2019 yang dipusatkan di SMKN 4 Payakumbuh. Berperan sebagai leading sector kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh.

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional turut hadir sejumlah kepala perangkat daerah, Camat Latina, Lurah se-Kecamatan Latina, Kepala Puskesmas Lampasi, Kepala Sekolah, majelis guru, undangan serta siswa SMKN 4 Payakumbuh.

"Pemko Payakumbuh telah membuat beberapa regulasi terkait penanganan bencana, diantaranya peraturan Kepala BNPB No. 4 Tahun 2012 yang mengatur tentang pedoman penerapan sekolah / madrasah aman dari bencana,"lanjut Amriul.

Ditambahkan, melalui Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) diharapkan dapat merubah perilaku kesiapsiagaan diri. Peringatan HKB bukanlah seremoni belaka. Tapi ada upaya konkret untuk mengubah perilaku, membangun kesiapsiagaan diri, agar tidak panik dalam menghadapi ancaman bencana.

"Pendidikan kebencanaan paling dini wajib dilakukan mulai dari rumah dan sekolah. Untuk itu peran ibu dan para guru menjadi sangat penting. Mengedukasi anak-anak agar siap dan tangguh menghadapi bencana ”pungkas Amriul.

Kesempatan itu juga ditampilkan atraksi simulasi menghadapi bencana dengan pelaku siswa dibantu instruktur dari personil BPBD yang saat ini dipimpin Yufnani Away.(ul)