Tiga Tahun Perjalanan Yayasan Minang Peduli Luak Limopuluah

Yayasan Minang Peduli sudah melaukan pengabdian kepada 51.550 masyarakat
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Tidak terasa, ternyata sudah tiga tahun perjalanan Yayasan Minang Peduli (YMP) untuk mengabdi di kampung halaman, Ranah Minang. Yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan, sosial dan dakwah itu sudah melakukan edukasi kepada orang tua, masyarakat, sekolah serta berbagai elemen masyarakat dalam penerapan pola asuh orang tua ke anak.

"Dalam perjalanannya selama tiga tahun ini, Yayasan Minang Peduli sudah melaukan pengabdian kepada 51.550 masyarakat. Mendidik orang tua bagaimana cara pola asuh kepada anak,"terang Muhammad Kadrial Ketua Bidang I Pendidikan dan Dakwah Yayasan Minang Peduli saat Launching Program YMP 2019 pada Minggu (24/3/2019) siang di aula SMKN 2 Payakumbuh.

Tiga tahun lebih YMP hadir di Ranah Minang, katanya, selama itu pula misi memperkuat penerapan filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah  diterapkan kepada tengah-tengah masyarakat. 

"YMP sudah memiliki 27 orang fasilitator parenting untuk pengabdian kepada masyarakat. Mereka menyampaikan keilmuan parenting, ilmu pengasuhan orang tua kepada anak. Ini sudah dilakukan kepada 51550 orang tua san masyatakat umum,"ucapnya lagi.

Selain itu, YMP Luak Limopuluah juga mendirikan tiga program baru. Yaitu program kelas pra nikah, program kelas parenting dan program TFT parenting untuk mubaligh. "Sudah saatnya ada edukasi pernikahan bagi calon pengantin. Sekarang terkesan instan saja sehingga pengetahuan calon pengantin tidak begitu paham soal pernikahan. Enam bulan sebelum pernikahan, seharusnya sudah ada edukasi-edukasi ke arah kesana. Ini yang dilakukan YMP Luak Limopuluah kedepannya, program pra nikah,"ucapnya.

Calon pasangan muda, jauh-jauh hari sudah mempersiapkan ilmu serta pengetahuannya soal pernikahan. Yaitu meliputi soal keagamaan, kesehatan, psikologi serta pola pengasuhan orang tua kepada anak. "Ini yang nantinya diberikan kepada calon pengantin,"terangnya lagi.

Untuk saat ini, sudah ada sekolah dan daerah binaan dari YMP Luak Limopuluah. Diantaranya SDN 61 Payakumbuh, SDN 11 Payakumbuh, SMPN 1 Payakumbuh, SMAN 3 Payakumbuh, SMAN 4 Payakumbuh, Paud dan SD Yayasan Al Huffazh, Kelurahan Tanjung Pauah, Nagari Mungka, Nagari Taeh Bukik dan Nagari Lareh.


Sementara, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz mendukung penuh hadirnya YMP Luak Limopuluah sebagai lembaga pendidikan bagi masyarakat. Terutama pendidikan untuk pola asuh anak  bahkan edukasi pra nikah bagi calon pengantin. "Ini bagus, Pemko mendukung hadirnya yayasan seperti ini. Apalagi yayasan untuk ummat yang bergerak pada kegiatan pendidikan, sosial serta dakwah,"ucap Erwin.

Sebagai bentuk dukungan sangat pentingnya  edukasi pola asuh orang tua terhadap anak itu, dikatakan Erwin, Pemko akan mendorong dengan lahirnya Peraturan Daerah nantinya."Kalau perlu, ini kita buatkan Perda nya,"kata Erwin Yunaz. (ul)