Satgas TMMD Ke - 104 Kodim 0308/Pariaman Sosialisasikan Manfaat Bios 44 Kepada Masyarakat Korong Bukik Jariang

IMPIANNEWS.COM (Padang Pariaman).

Personil TMMD Serda Ermen TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 TA 2019 Kodim 0308/Pariaman bersama Pasiter dan Walinagari melaksanakan  sosialisasi tentang metode pertanian menggunakan Bios 44 kepada para petani mayarakat di Korong bukik jariang Nagari guguak kuranji hilir Kecamatan Sungai limau, Kabupaten padang Pariaman, bertempat di Posko TMMD Ke 104 Kodim 0308/Pariaman.

Sosialisasi dengan meteri  yang disampaikan oleh Babinsa  Kodim 0308/Pariaman Serda Ermen bersama Pasiter Kodim 0308/Pariaman Kapten Inf Suwarno, Kapten Inf Asral Koto dan Wali Nagari.

 Dalam kesempatan ini Serda Ermen dijelaskan tentang pemanfaatan Bios 44 yang merupakan hasil riset dari Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo.,  ini telah teruji dan terbukti diterapkan pada penanggulangan Karhutla di Sumatera Selatan,

Bios 44 sangat bermanfaat karna bersifat seperti pupuk dimana berisi gabungan agen hayati dari simbiosis mutualisme antar mikroorganisme yang berfungsi untuk mempercepat proses pembusukan material organik sehingga mampu memproduksi endospore yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Dalam kondisi ekstereme sekalipun yang bermanfaat mengurai tahan tandus menjadi subur serta dalam Perikanan dapat,  digunakan untuk memperbaiki kualitas air, Dalam Pertanianan bisa mendapatkan hasil yang sesuai target, dan yang lebih hebat lagi adalah dapat memperbaiki area bekas tambang hingga dapat ditanami kembali setelah 2 bulan lamanya lalu diberi Bios 44. 

Untuk itu pengaplikasian Bios 44 ini sangat cocok dilakukan di semua Tempat, dalam mempercepat proses regenasi dan meningkatkan produksi pertanian. jelasnya

Sementara itu dalam keterangannya Personil TMMD ke-104 TA 2019 Kodim 0308/Pariaman Serda Ermen menyampaikan, bahwa sosialisasi dan penyuluhan penggunaan Bios 44 ini merupakan bagian dari sasaran Non Fisik kegiatan TMMD ke-104 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pertanian, di Korong Bukik Jariang melalui penerapan teknologi pertanian modern yang dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian. jelasnya. (Ay)