Remaja Masjid Itu Pemakmur Masjid

IMPIANNEWS.COM (Pasaman). 

 Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bonjol Nazri Caniago mengukuhkan pengurus Remaja Masjid Kampung Hangus Koto Kaciak Bonjol baru-baru ini (24/3).

Nazri mengatakan, kemakmuran masjid ini tidak terlepas dari tangan dan peranan remajanya sebagai cikal bakal penggiat syiar agama Islam.

Ia sangat memesankan agar para pengurus yang baru saja dikukuhkan dapat amanah dan benar-benar mampu menggerakkan organisasi sesuai visi misinya.

Satu hal juga, Nazri mengingatkan pengurus remaja masjid harus memiliki program-program yang bersifat inovatif, menyentuh terhadap pembinaan para generasi muda nagari ini dan dalam menjalankannya tetap berkoordinasi aktif dengan pengurus atau nazir masjid.

Seterusnya, sekretaris Kwarcab Pasaman itu menerangkan pengurus masjid dalam menggerakkan roda kepengurusan harus menggunakan konsep Islam dan berazaskan musyawarah dan mufakat yang pada muaranya bersama-sama menjadikan organisasi ini bermanfaat dan dibutuhkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Dedi Wandra sangat mendukung dan memotivasi geliatnya remaja-remaja yang punya semangat membentuk organisasi semacam remaja masjid di ranah Pasaman ini.

Katanya juga, remaja masjid merupakan salah satu bentuk organisasi da’wah islamiyah underbouw Ta’mir Masjid. Keberadaannya untuk mengorganisir kegiatan memakmurkan masjid yang dilakukan para remaja muslim yang memiliki komitmen da’wah.

Dirinya menilai remaja masjid sangat diperlukan sebagai alat untuk mencapai tujuan da’wah dan wadah bagi remaja muslim dalam beraktivitas di masjid.

Lebih lanjut Kakan yang pernah diusia remajanya berkecimpung di dunia kepengurusan organisasi tersebut mengatakan remaja masjid yang maju, modern dan memiliki kegiatan beraneka ragam serta mampu meningkatkan ketaqwaan anggotanya.

Untuk mencapai hal tersebut, menurutnya butuh waktu dan perjuangan yang panjang. Setidaknya ada tiga fase dalam tahap perkembangan organisasi ini, yaitu: fase penumbuhan, pembinaan dan pengembangan organisasi.

“Guna menuju organisasi remaja masjid yang maju diperlukan kerja keras dan kinerja yang profesional para pengurusnya”,tukiknya.(suf78)