PKK KECAMATAN NANGGALO DINILAI TIM DARI PROVINSI

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Tim Penggerak PKK Kecamatan Nanggalo dinilai oleh Provinsi Sumatera Barat dalam Lomba Gerakan PKK Tahun 2019, Jumat (22/03/2019). Tim Penilaian yang hadir adalah Ibu Arnita Ali Asmar dan Ibu Rosmawati dari pengurus TP PKK Provinsi Sumatera Barat yang didampingi oleh Ibu Nelda Raudi merupakan Ketua Pokja IV TP. PKK Kota Padang. 

Dalam penilaian gerakan PKK tahun ini fokus pada capaian pelaksanaan pemeriksaan kanker serviks atau kanker leher rahim melalui Inspeksi Visual Asam Asetat atau yang sering disebut IVA Test. 

Hal ini merupakan implementasi dari 10 Program Pokok PKK yakni program yang ketujuh tentang kesehatan pada Pokja IV. Sebut Camat Nanggalo.

"Kanker serviks ini adalah penyebab kematian nomor dua terbanyak bagi kaum perempuan setelah kanker payudara" kata Camat Nanggalo Teddy Antonius dalam sambutannya,

"Sehingga untuk mengurangi angka kematian perempuan akibat penyakit ini perlu perhatian dan dukungan kita semua bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi menjadi tugas seluruh stakeholder dan masyarakat dalam menangganinya dan PKK merupakan lembaga yang strategis untuk pemberdayaaan keluarga dan masyarakat agar kaum perempuan mau melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks melalui IVA Test dan pemeriksaan ini gratis".

Tim Penilai yang disampaikan oleh Ibu Arnita Ali Asmar mengatakan penilaian ini untuk melihat sejauh mana peran dan upaya PKK Kecamatan Nanggalo melalui gerakannya bersama kadernya untuk memanfaatkan dan menggali potensi yang ada sehingga kaum perempuan ini mau melakukan pemeriksaan IVA Test, memang tidak mudah melakukannya karena masih banyak ibu-ibu kita yang takut dan malu untuk melakukannya".

Dalam kesempatan ini Ketua TP. PKK Kecamatan Nanggalo Ibu Evi Rozana Teddy memaparkan eksposenya dihadapan Tim Penilai tentang upaya - upaya yang sudah dilakukan PKK Kecamatan Nanggalo mulai dari Input, Proses, Output dan Inovasi-inovasi dalam pencapaian sasaran IVA Test berdasarkan jumlah pasangan usia subur yang ada di Kecamatan Nanggalo.

Penilaian ini diakhiri dengan wawancara dan kunjungan lapangan ke Puskesmas Nanggalo dan Kantor Lurah kampung lapai. (th)