Monalisa: Tingkatkan Sosialisasi Konsumsi Ikan Kepada Masyarakat

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) kabupaten Limapuluh Kota,  Monalisa Irfendi Arbi meminta kepada seluruh anggotanya untuk terus gencar mensosialisasikan gemar memakan ikan kepada masyarakat. 

Hal ini,  diungkapkannya ketika membuka kegiatan bimbingan teknis penyusunan program dan kegiatan Forikan Kecamatan dan Nagari di Aula Dinas Perikanan, Tarantang,  Kecamatan Harau,  Kamis (14/3).

Ikut hadir,  bupati Limapuluh Kota,  Irfendi Arbi,  Kepala dinas perikanan setempat,  Refilza,  pengurus Forikan Provinsi Sumbar serta seluruh anggota Forikan di Kabupaten Limapuluh Kota. 

"Seluruh anggota Forikan diwajibkan mengajak semua unsur masyarakat terutama kepada anak usia dini untuk gemar mengkonsumsi ikan. Hal ini,  dapat diwujudkan dengan melakukan sosialisasi ke masing-masing kecamatan dan nagari yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota,"ujarnya. 

Menurutnya,  dengan gemarnya mengkonsumsi ikan bagi masyarakat  sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak, karena didalam ikan memiliki kandungan omega 3 yang dapat mencerdaskan otak.

"Sebagai lembaga yang berperan sebagai inspirator, kreator, motifator, dan aktifator, Forikan Limapuluh Kota harus bisa melibatkan komponen dalam memasyarakatkan makan ikan ini, "ungkapnya. 

Menurutnya,  saat ini tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Limapuluh Kota jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan nasional masih rendah. Dimana tingkat konsumsi ikan baru sebesar 34 kilogram per kapita/tahun dan masih di bawah angka konsumsi ikan di Sumbar yang sudah mencapai 38 kilogram per kapita/tahun pada tahun 2018.

"Atas dasar itu,  diperlukan sosialisasi dalam mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan dan produk olahan ikan lainnya agar kebutuhan gizi sehari-hari terpenuhi,"ujarnya. 

Saat ini, beberapa program yang telah dilaksanakan dalam meningkatkan konsumsi ikan ini telah dilakukan berbagai rangkain kegiatan.  Diantaranya,  sosialisasi hari ikan, rapat kordinasi, lomba masak serba ikan tingkat kabupaten, lomba jigle gemar makan ikan serta lomba masak dan inovasi ikan tingkat provinsi serta kegiatan lainnha termasuk sosialisasi kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 

"Mudah-mudahan dengan beberapa rangkain yang sudah dilaksanakan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus mengkonsumsi ikan, "sebutnya. 

Sementara itu,  bupati Limapuluh Kota,  Irfendi Arbi dalam sambutannya mengharapkan beberapa program Forikan Limapuluh Kota mampu mencapai target konsumsi ikan nasional. 

"Seperti diketahui,  ikan memiliki protein yang paling tinggi kandungan Omega 3 nya. Untuk itu, dengan membudayakan konsumsi ikan kepada masyarakat  merupakan upaya dalam menciptakan generasi yang sehat dan cerdas,"sebutnya. 

Kita yakin, jika dengan membudayakan makan ikan ini, mampu menghasilkan generasi yang cerdas yang nantinya dapat berperan dalam ekonomi kerakyatan. 

"Carilah terobosan dalam menghimbau masyarakat agar menjadikan ikan sebagai sumber protein utama. Saya yakin,  Forikan bisa berupaya dalam meningkatkan konsumsi ikan ini di Limapuluh Kota,"pungkasnya. (ul)