Ketua Bawaslu Payakumbuh Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Sosialisasi ini digelar di Hotel Bundo Kanduang pada Selasa (26/03/2019) bertujuan untuk Penguatan Kapasitas Netralitas ASN dalam pemuilu 2019.
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pengawasan pemilu 2019 terhadap ASN di Kota Payakumbuh. Sosialisasi ini digelar di Hotel Bundo Kanduang pada Selasa (26/03/2019) bertujuan untuk Penguatan Kapasitas Netralitas ASN dalam pemuilu 2019. Peserta sosialisasi berasal dari Pimpinan OPD, Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Sosialisasi dengan narasumber Asisten III Pemko Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang yang lebih menekankan kepada regulasi yang mengatur dan mengikat ASN, termasuk aturan yang menyangkut netralitas ASN dalam pemilu 2019.  

Sementara Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Muhammad Khadafi dalam kesempatan itu menghimbau ASN untuk bijaksana dalam berfikir guna melindungi nama baik profesi dan kelembagaannya. 

" Bawaslu dalam melindungi Profesi ASN yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan dijabarkan dalam Perbawaslu Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Netralitas ASN, TNI Dan Polri,  Kami memandang penting untuk menyampaikan ini, karna ASN termasuk objek utama yang seringkali didatangi bahkan ditawarkan banyak hal oleh peserta pemilu 2019,"sebut Khadafi.

Melalui Kegiatan ini Kami menginginkan agar ASN terhindar dari jerat Pasal 494 dalam UU Nomor 7 Tahun 2019 dan menahan diri serta hasrat untuk memperilihatkan serta mempertontonkan dukungannya dengan menjadi peserta kampanye atau bahkan sebagai pejabat pemerintahan memfasilitasi kegiatan peserta pemilu tertentu dengan program resmi pemerintah.

"Semoga dengan kegiatan ini, ASN kita di Kota Payakumbuh terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan UU dan Aturan Pemilu dan demokrasi di Kota Payakumbuh yang Kita cintai. Tetaplah berada dalam koridornya,"imbau Khadafi.

Materi sosialisasi yang digelar Bawaslu kota payakumbih ini selanjutnya disampaikan dan dipaparkan Kordiv Hukum & Penindakan Bawaslu Kota Payakumbuh Maidona, dilanjutkan Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Payakumbuh Suci Wildanis.

*Bawaslu Kota Payakumbuh Terima Penghargaan dari Ketua Komisi Informasi*

Gencar dan giatnya Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh dan jajaran dalam menjalankan tugas pokoknya dalam mengawal pemilu, berbuah kesuksesan. Bawaslu Kota Payakumbuh dihadiahi penghargaan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat sebagai Badan Pengawas Pemilu Yang Terbuka kepada Publik dalam penyampaian informasi.

"Ya, kita baru saja menerima penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, baru-baru ini. Sukses ini adalah hasil kerjasama kita semua mitra strategis Bawaslu di Kota Payakumbuh, tentunya. Semoga ini bisa menjadi penyemangat Kami untuk terus memberikan yang terbaik dalam mengawal Pemilu 2019,"kata Khadafi.(ul)