Puskesmas Bukan Tempat Pengobatan dan Pelayanan Saja

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Tugas Tim Kesehatan di Puskesmas tak hanya mengobati dan melayani masyarakat di tempat medis. Mencegah penyakit dan mengajak masyarakat hidup sehat, adalah bagian di dalamnya. Termasuk membuat program kesehatan, yang tujuannya bisa diterima masyarakat serta didukung banyak pihak.

Upaya kesehatan merupakan setiap kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bentuknya bisa dalam pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan oleh pemerintah dan masyarakat.

Salah satu strategi yang dikembangkan untuk mengendalikan penyakit tidak menular adalah dengan diterbitkannya Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pengembangan Kesehatan Tradisional melalui asuhan mandiri pemanfaatan toga dan keterampilan.

Di Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan yang merupakan wilayah kerjas Puskesmas Rawang  sudah membentuk  Asuhan Mandiri (ASMAN) Toga yang berlokasi di RT 03 RW 11. Bembentukan ASMAN untuk pemanfaatan TOGA dan Akupresur dengan nama “MELATI". Kelompok Asman ini tidak lepas dari adanya Kelompok Dasawisma yang sudah lama terbentuk.

Terbentuknya kelompok Asman Toga Melati tidak lepas dari kerjasama lintas program di Puskesmas Rawang yang meliputi program kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, gizi dan lintas sektor yaitu Kecamatan Padang Selatan, Lurah, dan TP-PKK Kelurahan dan Kecamatan.

Dengan adanya asman toga Melati diharapkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat untuk membudidayakan toga dan memanfaatkan hasilnya. Asman Toga Melati di Kelurahan Rawang diharapkan mampu menginspirasi yang  lain untuk membentuk Asman Toga sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. (aa)