Diskominfo Limapuluh Kota Gelar Sosialisasi e-Gov

IMPIANNEWS.COM
Limapuluh Kota, --- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Pelatihan Perancangan Teknis Pembangunan Aplikasi e-Goverment bagi personil Dinas Komunikasi dan Informatika yang dilaksanakan di Gedung LPSE Kabupaten Limapuluh Kota Tanjung Pati, Selasa (19/03/2019)

Pelatihan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam mengamankan aplikasi pemerintahan yang telah diluncurkan sebagai aplikasi online ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang E-Goverment Mira Ningsih, ST. M,Si. 

Ia mengatakan ada beberapa langkah yang dipelukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan keamanan aplikasi web 

“Keamanan atau security pada sebuah situs bisa dikatakan merupakan sesuatu hal yang sangat wajib ntuk aplikasi web, pasalnya semua kegiatan yang berkaitan dengan akses data dan lain sebagainya berpusat disana.” ucap Mira

Untuk Kabupaten Limapuluh Kota, rata – rata aplikasi pemerintahan telah menggunakan sistem online, jadi keamanan dari aplikasi sangat diperlukan agar terhindar dari serangan hacker. 

Disisi lain Mohamad Amin, S.Kom dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi (PTIK)  Universitas Negeri Padang UNP selaku narasumber menjelaskan hal penting dari sebuah aplikasi web adalah bagaimana berjalannya fungsi – fungsi web, kemudian keamanan atau security yang baik, dan optimalisasi dalam suatu aplikasi.

“Selain itu hal yang juga harus diperhatikan adalah keamanan web server, keamanan database seperti pemilihan dan pemasangan database yang benar, dan database aministrator seperti manajemen user (access tertentu, objek tertentu, dan mesin tertentu) dan optimizing data secara rutin” lanjutnya.

Aplikasi web yang baik harus memerhatikan keamanan aplikasi web dan keamanan web server karena jika salah satu bermasalah, maka dapat menempatkan aplikasi dalam resiko besar. (rel/ul)

Sumber : (Dian - Kominfo LPK)