240 CPNS Golongan II dan III Ikuti Latsar


IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Sebanyak 240 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) golongan II  angkatan I, II, dan golongan III angkatan I, II, III, dan IV. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang di aula Bagindo Aziz Chan, Senin, (18/03/2019).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Padang Mahyeldi mengucapkan selamat kepada CPNS yang telah lulus dan diangkat sebagai CPNS dilingkungan Pemerintah Kota Padang. “Sebagai mana diketahui, perjuangan tersebut memakan waktu panjang dan melelahkan, mulai persetujuan dari Keman PANRB, pelaksanaan seleksi sampai perberkasan bahan ke BKN Regional XII Pekan Baru untuk proses penetapan NIP”, jelasnya.

Mahyeldi menjelaskan, jabatan PNS masa sekarang merupakan profesi yang banyak diminati orang, apalagi pemerintah melalui peraturan perundang-undangan akan melahirkan rasionalisasi terhadap jumlah PNS melalui pembatasan dalam menerimaan baru. Namun akan meningkatkan kesejahteraan PNS melalui penghasilan dengan tuntutan memiliki kinerja dan kompeteni yang baik.

“Seorang CPNS harus memakai prinsip, kemitraan, empati, profesional, integritas, nasionalis. Jika lulus, mengabdilah dengan serius dan  harumkan nama Kota Padang sampai Go Internasional,” tutupnya.

Sementara itu, Plh Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat, Khairanti Khairanis mengungkapkan, Latsar CPNS golongan III dan II diselenggarakan untuk membentuk PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional dan berkarakter.

“Sebagai calon CPNS, saudara harus menerapkan prinsip dan nilai-nilai CPNS yang disingkat dengan ‘aneka’  yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, anti korupsi. kelima nilai ini harus diterapkan jika serius ingin menjadi PNS,” tegasnya. 

Kharanti mengingatkan, PNS terikat dengan aturan peraturan perundang-undangan, disamping mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi, ada tugas pokok dan fungsi yang harus dikuasai dengan baik dan benar. 

“Setidaknya ada tiga aspek yang dikuasai yakni; aspek teknis pelayanan, aspek manajemen pelayanan dan aspek integritas pribadi. Semua itu harus saudara pahami sehingga pengetahuan, keterampilan serta sikap perilaku dalam menjalankan amanah ini dapat dilaksanakan,” tutupnya.

Sejalan dengan itu, Kepala BPSDM Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan, Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS di lingkungan pemerintah Kota Padang adalah untuk mengembangkan komptensi CPNS yang dilakukan secara integritas melalui pembelajaran klasikal dan non klasikal.

“Adapun kompetensi yang dikembangkan adalah kemampuan menunjukan sikap perilaku bela negara, mengaktulisasikan nilai-nilai dasar PNS, pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai tugas dan profesional sebagai pelayan masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkan, peserta pelatihan dasar  CPNS tahap I berasal dari formasi jabatan guru, tenaga teknis administrasi dan tenaga medis, STTD dan bidan. 

“Golongan II sebanyak 80 orang dan golongan III sebanyak 160 orang. Sisanya dari Golongan II sebanyak 35 orang dan Golongan III sebanyak 265 yang akan diikutsertakan pada latsar angkatan selanjutnya. Pelatihan ini dimulai mulai pada tanggal 20 Maret sampai 28 Juni 2019 bertempat di Asrama Haji Padang,” pungkasnya. (th)