15 WALINAGARI HABIS MASA JABATAN TAHUN INI

IMPIANNEWS.COM
KABUPATEN 50 KOTA,- Sebanyak 15 walinagari di Kabupaten Limapuluh Kota, tahun 2019 ini sudah habis masa jabatannya. Berakhirnya masa jabatan walinagari tersebut, mengingat sudah berjalannya 6 tahun jabatan yang diemban sebagai orang nomor satu di masing-masing nagari.

Ke 15 walinagari tersebut   diantaranya, Walinagari Mungo, Walinagari Sungai Kamuyang di Kecamatan Luak berakhir pada Juli mendatang. Walinagari Baruah Gunuang dan Walinagari Maek di Kecamatan Bukit Barisan yang berakhir pada November dan Desember 2019.

Kemudian, Walinagari Koto Tinggi dan Walinagari Pandam Gadang di Kecamatan Gunuang Omeh yang berakhir pada Desember 2019. Walinagari Kubang dan Walinagari Simpang Sugiran di Kecamatan Guguak yang berakhir pada Desember 2019.

Selanjutnya, Walinagari Mungka, Walinagari Talang Maua dan Walinagari Jopang Mangganti di Kecamatan Mungka yang berakhir pada Desember 2019. Walinagari Taeh Bukik dan  Walinagari Taeh Baruah di Kecamatan Payakumbuh yang berakhir pada Desember 2019.

Di Kecamatan Lareh Sago Halaban, yaitu Walinagari Ampalu yang berakhir pada Desember 2019. Kemudian, Walinagari Pilubang di Kecamatan Harau berakhir pada Desember 2019.

Berakhirnya masa jabatan tersebut,  diperkiranan pertengahan 2020 mendatang, Kabupaten Limapuluh Kota kembali menggelar Pemilihan Walinagari serentak. Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari Kabupaten Limapuluh Kota, ada 18 nagari yang bakal menggelar Pemilihan Walinagari serentak ditahun 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota. 

"Diperkirakan pertengahan 2020 mendatang pemilihan walinagari serentak. Ada 18 nagari,"terang  Zuhdi Perama Putra Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari Kabupaten Limapuluh Kota baru-baru ini.

Dari 18 nagari itu, katanya, 15 diantaranya merupakan walinagari yang masa jabatannya habis ditahun 2019. Sisanya, 3 walinagari habis masa jabatan pada Januari 2020 mendatang. Ketiga Walinagari yang habis masa jabatannya di Januari 2020 itu, yakni Walinagari Batu Payuang dan Walinagari Labuah Gunuang di Kecamatan Lareh Sago Halaban serta Walinagari Suayan di Kecamatan Akabiluru. (rel/ul)