Optimalisasi Pelayanan Publik Berbasis SIMPUL

H. Abrar Munanda bersama jajarannya meluncurkan layanan berbasis online, Sitem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL). 
IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi).

Dalam rangka optimalisasi pelayanan publik, Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda bersama jajarannya meluncurkan layanan berbasis online, Sitem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL). 

SIMPUL tersebut sebagai pengembangan PTSP di Kankemenag Kota Bukittinggi untuk melayani masyarakat yang baru bersifat offline. Layanan berbasis online tersebut di launching langsung Bapak Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri Jum'at (28 /09) bertempat di Aula Kankemenag setempat.

Kepala Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kota Bukittinggi dan semua pihak, khususnya Bapak Kakanwil kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Hendri sekaligus sebagai mentor beserta seluruh jajarannya yang selalu memberi memotivasi, membimbing dan dukungannya terhadap terciptanya layanan berbasis online tersebut di Kota Bukittinggi.

 “Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL) merupakan pengembangan PTSP Kankemenag Kota Bukittinggi sekaligus sebagai proyek perubahan kami dalam Diklat PIM III yang di ikuti. 

Peluncuran Aplikasi SIMPUL ini sebagai optimalisasi pelayanan publik di Kankemenag Kota Bukittinggi. Selama ini masyarakat antrian untuk dilayani di loket PTSP, dengan adanya SIMPUL masyarakat semakin dipermudah, cukup mengakses Website bukittinggi kota.go.id/simpul kemudian menguploud syarat-syarat yang diminta maka masyarakat akan terlayani dengan baik", tuturnya.

Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias sangat mengapresiasi proyek perubahan H. Abrar Munanda (Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi) terkait layanan publik berbasis Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL).

 “Aplikasi SIMPUL sangat memberi kemudahan kepada masyarakat Kota Bukittinggi dalam waktu singkat, tepat tanpa biaya apapun, dapat memangkas birokrasi, pelayanan di kankemenag Kota Bukittinggi bisa di akses secara online dan aplikasi SIMPUl ini sangat mendukung program Smart City Kota Bukittinggi. 

Harapan saya pelayanan ini tagar erus di kembangkan dan di tingkatkan sehingga terkoneksi dengan seluruh aplikasi Stakeholder Kota Bukittinggi”, tututnya.

kepala Dinas Pelayanan Terpadu Pemko H. Syahrizal, ST yang turut hadir bersama Ketua Pengadilan Agama diwakili Hakim Drs. H. Gusmen, Kepala Kankemenag Kab/Kota se-Sumatera Barat, Perwakilan Dinas Pendidikan, Kepala BANK Nagari, Kepala BANK Penerima Setoran Haji, Pengurus Tim Pengerak PKK, Badan Penyelenggara Ibadah Umrah Kota Bukittinggi, Tokoh Masyarakat dan sejumlah tamu udangan lainnya menambahkan. 

“Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul sebagai pengembangan PTSP di Kankemenag Kota Bukittinggi ini merupakan program yang sangat strategis. Pemko Bukittinggi selalu mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi bersama jajarannya, salah satunya peluncuran SIMPUL sebagai aplikasi layanan berbasis online yang sangat membantu masyarakat serta Pemko Bukittinggi", tuturnya

Selanjutnya H. Syahrizal menyampaikan bahwa pada Tahun 2019 Pemko Bukittinggi mendapatkan persetujuan untuk membuat Mal pelayanan publik dalam satu tempat dari pemerintah pusat, nanti satu ruangan Mal Pelayanan Publik tersebut diberikan kepada Kankemenag Kota Bukittinggi bersama 20 SKPD, BUMD dan Instansi Vertikal lainnya.

Ka kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Hendri menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh kepada Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi beserta jajarannya diantaranya adalah kemampuan dalam melahirkan generasi baru pelayanan di Kankemenag Kota Bukittinggi yang diberi nama SIMPUL. 

“Sistem Informasi Manajamen Pelayanan Unggul (SIMPUL) Ini merupakan program optimalisasi layanan publik berbasis online yang sangat luar biasa menurut kami. 
Sebagai generasi kedua setelah PTSP yang larinya lebih kencang. 

Apa yang kita dapat dari SIMPUL pertama adanya pelayanan yang berkwalitas pada masyarakat secara online, kedua kemudah-kemudahan pelayanan bisa didapat masyarakat karena bersifat online, ketiga terjadi efesiensi dalam melaksanakan program SIMPUL ini, keempat SIMPUL mudah di akses dan tentunya menjangkau seluruh masyarakat dan yang kelima semua bidang layanan di Kankemenag Kota Bukittinggi bisa di akses lewat SIMPUL antara lain konsultasi online, administrasi haji dan umrah, data-data keagamaan. 

Mudah-mudahan hal ini bisa di jaga, di pelihara dan di tingkatkan sehingga dapat mengalahkan pelayanan terpadu lainnya”, tuturnya

Lebih lanjut H. Hendri menyampaikan "Adanya program SIMPUL sangat menguntungkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di Kankemenag Kota Bukittinggi. 

Sebelumnya kami juga sangat mengapresiasi PTSP di Kankemenag Kota Bukittingi, sebagai nomor satu pelaksanaan PTSP pada kankemenag kab/Kota Se-Sumatera Barat dan urutan ke tiga se-Indonesia. Atas inovasi tersebut kami memberikan reword jaringan VPN IP sebagai penunjang layanan publik di Kota Bukittinggi melalui program SIMPUL sebagai pengembangan PTSP", kata Kakanwil ini

Kemudian H. Hendri berharap juga berharap program SIMPUL tersebut dapat menular ke Kankemenag Kab/Kota se-Sumatera Barat bahkan indonesia dengan kemasan yang berbeda dalam rangka optimalisasi pelayanan publik. 

Sesuai dengan PERMENPAN Nomor 11 Tahun 2015 tentang tentang pelayanan publik yang menyebut, dalam memperkuat layanan publik kita harus memelihara dan meningkatkan layanan, melanjutkan upaya-upaya perubahan, no mengidentifikasi masalah dan mencari pemecahanya dan memperluas cakupan pelaksanaan reformasi birokrasi. (Sy)