Diawali Shalat Magrib, Kodim dan Pemko Payakumbuh Gelar Nobar Film G-30S/PKI


IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, -- Berlokasi di Medan nan Bapaneh objek wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh pada Ahad (30/09/2018) jajaran Kodim 0306/50 Kota bersama Pemko Payakumbuh menggelar nonton bareng (nobar) pemutaran kembali film G-30S/PKI. Dihadiri ratusan anggota TNI bersama personil Polres Payakumbuh, nobar yang juga dihadiri ratusan warga Payakumbuh diawali dengan shalat Magrib berjemaah.

Pemutaran film G-30S/PKI dimulai sekitar pukul 19.30 WIB tampak dihadiri Dandim 0306/50 Kota, Letkol Kav. Solikhin, SIP, S.Sos, MM beserta jajaran dan Persit, Walikota diwakili Asisten III, Rida Ananda, Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam, Wakapolres Payakumbuh, Edissra beserta Kapolsek Kota Payakumbuh, Abdulrahman Surya Negara beserta jajaran, Kasat Pol PP, Devitra, Kadis PU, Muslim, Kadisparpora diwakili Sekretaris Doni Prayuda, Camat 5 Kecamatan, Perwakilan Pemkab 50 Kota, Perwakilan Polres Kab. 50 Kota, Ketua FKUB Kota Payakumbuh, Desemberi Chaniago sekaligus imam shalat Magrib, Ketua Pemuda Panca Marga Maulana Ali,
Ketua FKPPI Kabupaten 50 Kota, Benni Johor, personil Go-Jek dan warga Kota Payakumbuh.

Sebelum pemutaran film, Dandim 0306/50 Kota Solikhin dalam sambutannya menyampaikan bahwa TNI dan Polri kuat bersama rakyat.

"Sudah 73 tahun sudah Indonesia merdeka, dalam meraih kemerdekaan itu ribuan nyawa dikorbankan disamping harta dan keluarga. Termasuk dalam penumpasan pemberontakan PKI tahun 1965 dan pemberontakan lain sebelum dan sesudahnya. Itu adalah sejarah, bahwa untuk merdeka itu perlu pengorbanan yang diawali dengan persatuan dan kesatuan. Pemutaran film akan mengingatkan kembali kepada kita yang hadir untuk jangan hilangkan sejarah. Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan. Bersinerginya tni, polri, pemerintah dan rakyat adalah kekuatan.
TNI kuat bersama rakyat," sambut Solikhin.

Mewakili Walikota, Asisten III Pemko Payakumbuh Rida Ananda mengharapkan warga Payakumbuh untuk menonton dan mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalam penayangan film G-30S/PKI.
"bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Besok kita akan laksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila. Bersatu kita membangun bangsa,"singkat Rida Ananda.

Sementara Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB Dt. Parmato Alam dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kodim 0306/50 Kota atas terlaksananya nobar film Hari Kesaktian Pancasila, yang akan disambut dengan Harlah TNI 5 Oktober, nantinya.

"sejak pasca reformasi film tidak pernah diputar lagi, banyak generasi yang tidak kenal sejarah ini. Meskipun ada like and dislike, tapi bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawan. Sejarah adalah penunjuk jati diri suatu bangsa. Dengan bersatunha rakyat bersama TNI / Polri, segala rongrongan yang akan mengganti ideologi Pancasila, dapat kita tangkas. Dan nilai ini harus kita jaga. NKRI harga mati," ucap YB Dt. Parmato Alam, semangati.

Tak lupa, kesempatan itu Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam sampaikan salam duka mendalam terhadap cobaan gempa dan tsunami yang dialami saudara di Palu - Sulawesi Tengah.

Pemutaran film G-30S/PKI pun tayangkan, semua warga yang ada di Medan Nan Bapaneh serius menonton. Terlihat orangtua mendampingi anak-anak yang ikut hadir menonton di Ngalau Indah. Hingga berita ini, kami kirimkan, penayangan masih berlangsung.(ul)