Kabag Inmas Kemenag RI Kunjungan Kerja Ke Kankemenag Kota Payakumbuh


IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh -- Satu penghargaan tersendiri bagi keluarga besar Kankemenag Kota Payakumbuh mendapat kunjungan Kabag Inmas Kemenag RI, Drs. H. Ahmad Gufron yang disambut penuh akrab Kepala Kankemenag Asra Faber di ruang kerjanya, Kamis (30/08/2018). Pertemuan ini berlanjut dengan silaturahim di aula pertemuan serbaguna, bersama jajaran.

Dalam sekapur sirihnya kepala kankemenag Asra Faber menyampaikan selamat datang di Payakumbuh dan terima kasih telah memberikan reward berupa fasilitas Virtual Private Network (VPN). Fasilitas dari Kemenag RI ini hanya ada 2 daerah yang meraihnya di Sumbar, Kankemenag Kota Payakumbuh dan Kankemenag Kota Bukittinggi.

"Kami sangat bahagia mendapatkan reward ini dari Kemenag RI berupa fasilitas VPN. Terealisasinya reward ini adalah sebuah oleh - oleh berharga bagi kami yang memasuki masa purna bhakti. Walau jaringan kita di Kankemenag Kota Payakumbuh masih standar, namun publikasi pemberitaan tupoksi lembaga selama kita dinas di Payakumbuh mencapai target 3,026 berita selama 3 tahunan ini di berbagai media, baik internal, eksternal, media cetak, televisi dan online," beber Asra Faber.

"Harapan kami, program ptsp yang sudah dijalankan sejak tanggal 1 Agustus 2018 lalu bisa berjalan online dengan ketersedian jaringan VPN ini. Terima kasih sebelumnya, Pak," imbuh Asra Faber.

Sementara itu, Kabag Inmas Kemenag RI Ahmad Gufron dalam penjelasan rincinya menyampaikan apresiasi bahwa Kemenag Payakumbuh layak mendapatkan reward ini.

"Kelayakan ini sebelumnya telah melalui kajian dan pantauan dari tim di Kanwil tentang keaktifan Kemenag Payakumbuh dalam memanfaatkan jaringan untuk pengolahan data lembaga, publikasi berita dan pengelolaan TIK dalam pelayanan publik," sebut Ahmad Gufron.

"Adapun VPN itu adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. VPN layaknya jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk berhubungan dengan kantor cabangnya dengan cara pengalamatan secara private dengan melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data," imbuh Ahmad Gufron.

Fungsi Utama Teknologi VPN antara lain sebagai berikut :
1. Confidentially (Kerahasiaan), teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melauinya. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data.
2. Intergrity (Keutuhan Data), pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.
3. Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

"Untuk kedua kankemenag ini, kemenag dan telkomsel memberikan fasilitas sebesar 5 MB untuk download dan 5 MB untuk upload. Jadi tidak perlu lagi speedy dan indihome. Kalau pengelola IT ada kendala silahkan koordinasi dengan kami atau Telkomsel," terang Ahmad Gufron.

Ahmad Gufron kepada Kepala Kankemenag dan Kasubbag TU agar mengkoordinir pengelola IT untuk segera menyiapkan perangkat penerima jaringan VPN ini.
"Kalau sudah OK ajukan segera permohonan online ke Kemenag pusat dengan tetap berkoordinasi secara berjenjang dengan kakanwil. Dengan telah optimalnya VPN di Kankemenag Payakumbuh nantinya diharapkan pelayanan publik semakin maksimal dan terbebas hacker. VPN untuk menciptakan layanan intens terhadap publik," pesan Ahmad Gufron.

Menurut Ahmad Gufron, untuk penggunaan aplikasi layanan publik, 
Ajukan hosting secepatnya untuk penamaan domain secara baku. Atau bisa akses di sigap.kemenag.go.id bagi yang telah memiliki domain kemenag. Diharapkan juga VPN nantinya bisa memaksimalkan pengisian aplikasi SI-EKA yang akan berpengaruh langsung pada tukin kita," tandas Ahmad Gufron yang juga putra daerah Payakumbuh.


Usai memberikan arahan dan pengambilan dokumentasi kunjungan, Kabag Inmas Kemenag RI, Ahmad Gufron diajak melihat keindahan alam Kab. 50 Kota yaitunya pusat pengembangan sapi Padang Mengatas  yang terkenal dengan New Zealand - nya Indonesia.(ul)