Wawako Erwin Yunaz Hadiri Perayaan Khatam Al Qur'an di Mesjid Nurul Jannah Payolinyam

Wawako Erwin Yunaz hadiri perayaan khatam al qur'an
IMPIANNEWS.COM (PAYAKUMBUH).

Khatam Al-Quran tingkat dasar di Payolinyam Kelurahan Tigo Koto Diateh akhirnya selesai jjuga dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2018 yang dipusatkan di Mesjid Nurul Jannah Payolinyam. Kegiatan perayaan khatam Al-Quran ini diikuti 64 orang peserta, yang terbagi 20 putra dan 44 putri.

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini merupakan untuk memberikan semangat dan motivasi serta dorongan kepada anak-anak dan generasi muda untuk meningkatkan kegiatan dalam mempelajari Al-Quran dan Al-Quran sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat bagi ummat islam yang wajib untuk mempelajarinya. 

Adapun tema yang di angkat pada kegiatan khatam Al-Quran ini ialah "kita tingkatkan pendidikan Al-Quran sedini mungkin terhadap anak demi generasi penerus ummat islam untuk masa yang akan datang". 

"Sumber dana untuk pelaksanaan nya pun didapatkan dari iyuran para wali murid peserta, dari sumbangan berjenjang masyarakat Payolinyam dan sumbangan dari donatur dan para perantau. Dari total pengeluaran yg dihitung oleh pihak panitia untuk pelaksanaan kegiatan ini menembus angka Rp 116.350.000,-" Lapor Ketua Pelaksana, Wardi Munir.

Kepala kankemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber yang hadir bersama Kasi PDPP, Safrizal dan Kepala KUA Kec. Payakumbuh Utara, Resfi Yendri, berpesan kepada para santri dan walisantri, supaya pembelajaran al qur'an yang telah diikuti santri selama ini, agar lebih di tingkatkan lagi.

" Rasa suka cita khatam al qur'an ini harus berlanjut dan teru berlanjut. Sekarang disetiap kecamatan sudah ada Pondok Al Qur'an dibangun pemko Payakumbuh, mari kita aktifkan diri disana. Sehingga kelak akan lahir para qori dan qoriah terbaik, setelah perayaan khatam al qur'an ini," pesan Asra Faber.

Khatam Al-Quran ini sudah terselenggara semenjak tanggal 14 Januari 2018 kemaren. Selama kegiatan ini berlangsung 1 bulan penuh yakni dari 14 Januari sampai 14 Februari 2018, terbagi atas 6 bagian kegiatan. Di awali dengan kegiatan "Kopak Rambai" yang berlangsung dari 14 Januari sampai 5 Februari 2018 di Mesjid Nurul Jannah / Mushalla Nurul Hidayah. Kegiatan Mamanggia Niniak Mamak pada 29-31 Januari 2018 di Kenagarian Koto Nan Gadang, kegiatan "Baadok-adok Niniak Mamak" pada 5 Februari 2018 di Mesjid Nurul Jannah. Basimak (membaca al qur'an) pada 10-11 Februari 2018 di Mesjid Nurul Jannah, dan kegiatan perayaan khatam Al-Qurannya berlangsung pada 14 Februari 2018 sekaligus kegiatan penutupan juga dilangsungkan di hari yang sama dengan pembagian hadiah yang sudah disiapkan panitia yang berasal dari donatur serta tradisi arisan khatam al qur'an Kenagarian Koto nan Gadang.

Pada penutupan perayaan khatam Al-Quran ini ikut dihadiri oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz, Kadis Kominfo Elvi Jaya, Kapolres diwakili Kasat Binmas, H. Erman, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Lurah Kelurahan Tigo Koto Diateh, Sandiko Buana serta dari pihak LPM, KAN Koto Nan Gadang, Karang taruna dan masyarakat sekitar yang ikut memeriahkan dan menyukseskan perayaan khatam Al-Quran ini.ul