Walikota Kukuhkan Pengurus FKSB Kota Padang Periode 2018-2023

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengukuhkan kepengurusan Forum Kelompok Siaga Bencana (FKSB) Kota Padang masa bakti 2018-2023 di Palanta Rumah Dinas Walikota, Minggu (11/2). Seperti diketahui, keberadaan forum ini sangat penting dalam upaya memberikan perlindungan bagi masyarakat. Mulai dari ancaman, risiko dan dampak bencana disertai upaya penanggulangannya.

Walikota menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan selamat kepada kepengurusan FKSB yang baru untuk masa bakti 2018-2023.

“Selamat bagi bapak ibu yang dilantik, semoga semuanya saling solid dan kompak dalam melaksanakan tugas kebencanaan di Kota Padang khususnya ataupun juga di daerah lainnya,” ucapnya.

Mahyeldi mengulas, bahwasanya Kota Padang merupakan kota yang memiki potensi luar biasa. Baik sumber daya masyarakat (SDM), keindahan alam dengan berbagai objek wisata dan masih banyak lainnya. Namun ditengah melimpahnya potensi itu di satu sisi juga terdapat tantangan. Yaitu potensi bencana yang suatu saat bisa terjadi.

“Maka itu di sini arti penting keberadaan FKSB, sebagaimana diharapkan untuk bisa mengedukasi masyarakat dan mengurangi risiko terhadap bencana yang terjadi. Semoga, pengurus FKSB Kota Padang beserta di tingkat kecamatan dan kelurahan, senantiasa melakukan tugasnya dengan baik selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam urusan kebencanaan,” harapnya.

Wako menjelaskan, menyikapi urusan kebencanaan di Kota Padang ia telah memprogramkan Padang sebagai kota cerdas bencana. Dimana menyiapkan sekolah-sekolah, kantor dan masyarakat cerdas terhadap bencana.

“Untuk ini, FKSB memiliki peran bersama lembaga terkait lainnya untuk bisa mengadvokasi masyarakat dalam upaya mitigasi bencana sesuai program yang direncanakan. Kita bersyukur, keberadaan dan partisipasi FKSB sejauh ini sangat luar biasa. Itu terlihat dari aktifnya mereka baik sewaktu dan juga sebelum bencana terjadi,” imbuhnya.

Lebih lanjut diharapkannya, FKSB Kota Padang harus tetap solid dengan masing-masing pengurus dan anggota mengikuti aturan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi.

Kemudian tambahnya lagi, Pemerintah Kota Padang menyatakan sangat serius menyikapi kebencanaan di Kota Padang. Hal itu demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan juga para tamu yang akan berkunjung ataupun ingin menanam investasi.

“Perlu kita ketahui, bahwa bencana bukan sesuatu yang harus kita takuti, tetapi bagaimana menyikapinya secara cerdas. Untuk itu kita akan terus melaksanakan program dalam mitigasi bencana bagi masyarakat. Dan kita tengah menjalin kerja sama dengan negara Cina, Selandia Baru dan Jepang. Karena memang kita meinginginkan, Padang menjadi kota terdepan dalam mitigasi bencana dengan masyarakat yang cerdas terhadap bencana,” tukuk Mahyeldi yang juga Pelindung di FKSB Kota Padang tersebut.

Dalam pelantikan kepengurusan FKSB Kota Padang periode masa bakti 2018-2023 tersebut, Januar dilantik sebagai Ketua Umum bersama Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara Umum. Selanjutnya juga bagi koordinator beserta anggota di beberapa bidang yang telah ditentukan.(dv)