Sebahagian Masih Menumpang, Sebanyak 3278 Siswa SMP Sederajat ikuti Simulasi UNBK

Siswa sedang ikuti Simulasi UNBK
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Sebanyak 158 orang siswa yang tergabung dari 4 MTs Swasta yang ada di jajaran kankemenag Kota Payakumbuh ikuti Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dari 4 madrasah swasta itu, satu diantaranya sudah menyelenggarakan ujian ini secara mandiri, yaitunya MTsS Syech Ibrahim Harun (SIH). Sedangkan madrasah lainnya, laksanakan ujian menunumpang di sekolah umum, termasuk 2 MTs Negeri.

Kondisi ini dibenarkan Kepala Kankemenag melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Darius usai gerak jalan sehat, Rabu (14/02/2018)

"Dari 757 siswa dari 6 madrasah Tsanawiyah yang ada di kankemenag Kota Payakumbuh saat ini mengikuti simulasi UNBK. Dari 6 madarsah itu baru MTsS SIH yang telah laksanakan ujian secara mandiri. Hal ini patut kita apresiasi dan kita tiru," ucap Darius.

Di MTsS SIH, sebanyak 79 siswa ikuti simulasi UNBK hari pertama untuk mapel Bahasa Indonesia dan MTK. Pelaksanaan ujian dibagi enjadi 3 sesi untuk 40 soal ujian yang tersedia. Bertugas sebagai terknisi Junaidi Riko Putra dan dibantuseorang Proktor, Zulfarnedi.

Menurut Kepala MTsS SIH, Dasrul Fauzi, simulasi UNBK akan kita laksanakan selama 2 hari. Hari pertama untuk mapel MTK dan Bahasa Indonesia sedangkan pada hari kedua untuk mapel IPA dan Bahasa Inggris.

" Alhamdulillah, ujian pada hari pertama berlangsung lancar dan diikuti 79 siswa kita. Tahun ini Kita sudah laksanakan ujian secara mandiri. Ini adalah berkat keberanian pihak madrasah, yayasan bersama walimurid sehingga kita bisa sediakan 30 unit komputer ditambah 2 server. 

Ujian yang berlangsung secara online ini mesti diikuti oleh semua siswa sebagai syarat mengikuti ujian selanjutnya. Insyaallah pada tanggal 6 s/d 7 Maret 2018 mendatang, kita akan gelar simulasi ujian UNBK tahap III.

Harapan kita, mendatang pemerintah lebih mengedepankan ketersediaan sarpras sebelum melaksanakan sebuah kebijakan, itu harapan kita," sebut Dasrul Fauzi.

Dari data yang kita jumpai di lapangan, untuk MTsS Pakan Sinayan laksanakan ujian di SMK Kosgoro, MTsN 1 Payakumbuh dan MTsS Koto Panjang laksanakan ujian di SMKN 1 Payakumbuh, sedangkan MTsN 2 Payakumbuh laksanakan ujian di SMK Kosgoro Bunian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh melalui Kasi Kurikulum SMP, Irfan Kanof menerangkan bahwa secara kedaerahan, saat ini simulasi UNBK diikuti 3278 siswa SLTP/MTs se Kota Payakumbuh.

" Sebanyak 3278 siswa SLTP/MTs sekota Payakumbuh ikuti simulasi UNBK tahap II yang memakai 48 ruang. Pelaksanaan simulasi UNBK dibagi menjadi 3 sesi, kerana ketersedian sarpras belum memadai.Dari 17 SLTP yang ada di jajaran Diknas Kota Payakumbuh, 4 sekolah laksanakan ujian secara menumpang. Semoga tahun ajaran mendatang semuanya bisa ujian secara mandiri. Mohon doa dan dukungan kita bersama, karena pendidikan adalah tanggungjawab semua," terang Irfan Kanof didampingin Zeno Edward.