Reval, Bocah Kelas Dua SD Tewas Tenggelam Disungai Batang Sinamar

Suasana di rumah duka
impiannews.com, Kec. Payakumbuh, Kab.50 Kota---Seorang anak kelas Dua SD, Reval, 8, warga Jorong Dalam Koto, Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Limapuluh Kota, tewas tenggelam saat mandi-mandi di sungai Batang Sinama, Jumat sore (02/02/2018) sekitar pukul 16. 40 WIB.  Korban berhasil ditemukan tenggelam tak bernyawa didasar sungai, sekitar pukul 18.10 WIB.


"Nama Kelok" begitulah warga masyarakat Taeh menyebut lokasi tenggelamnya korban. Dulunya nama Kelok ini terkenal sebagai lokasi yang cukup dalam, karena pusaran air Batang Sinama ada di seputaran jembatan gantung lama yang saat ini sudah ditumbuhi aur duri.

Peristiwa naas yang merenggut nyawa  anak pasangan, Dina, 39, dan Inal, 40, itu berawal, ketika Reval bersama tiga orang temannya berenang di Aliran sungai Batang Sinama, persisnya di tepian Tabiang Rangkayo Mulie, sekitar 70 meter di belakang Bank BPR, Taeh Baruah. 

"Anak-anak itu bermain ditepi sungai sambil berenang, namun informasinya, Reval awalnya duduk saja diatas batu di pinggir sungai dekat rumpun pohon bambu sembari melihat temannya berenang. Sebab anak ini diketahui tak pandai berenang,"ungkap Walinagari Taeh Baruah, Syafri saat dikonfirmasi melalui selulernya ba'da Magrib.

Entah apa penyebabnya, Reval kemudian ikut berenang, belum ada informasinya. Apakah terleleset dan jatuh atau memang ikut menceburkan diri untuk mencoba berenang. Hanya saja saat itu, seorang warga bernama Toni yang berkebun jagung tidak jauh dari tempat tersebut, awalnya melihat Reval berenang dan terlihat tangannya.  

"Saat itu Toni melihat tangan anak-anak berenang sembari terus bekerja di kebun jagungnya. Sepertinya Toni juga tidak menyangka, diantara anak-anak itu ada yang tak bisa berenang. Hingga akhirnya  merasa ada yang aneh karena anak-anak teman korban seperti ketakutan dan lari dari pinggir sungai,"ucap Walinagari menceritakan penuturan Toni.  

Toni bersama warga lainnya berupaya mencari Reval, hingga akhirnya korban ditemukan sekitar 10 meter dari batu dipinggiran sungai tempat awalnya korban duduk. Meski berhasil ditemukan di kedalaman sungai sekitar 2 meter, Sayang nyawa korban tak tertolong. 

Korban diperiksa bidan Pustu Jorong Dalam Koto, Nurbaiti dan dinyatakan telah meninggal. Sontak ayah dan ibu korban serta kerabatnya histeris dalam duka. Jenazah korban dibawa kerumah duka  yang berjarak sekitar 200 meter dari sungai tempat Reval tenggelam."Rencana akan dikebumikan besok pagi (Sabtu, red),"ungkap Walinagari Taeh Baruah, Sayfri.

Peristiwa itu dibenarkan, Camat Kec. Payakumbuh, Aimel Nazra."Kita turut berduka cita atas musibah yang menmoa anak kita, Reval. Semoga ayah, ibu dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,"ucap Camat Kec. Payakumbuh.

Tampak hadir di rumah duka sanak famili, tetangga, Kepala SDN 01 Taeh Baruh, Kapolsek Kec. Payakumbuh diwakili Bhabinkantibmas, Rismon.ul