Dubes New Zealand Bakal Kunjungi Limapuluh Kota

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Keindahan alam dan peternakan yang ada di Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijau Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas di Kabupaten Limapuluh Kota, yang banyak dinyatakan berbagai pihak merupakan 'New Zealand'nya Indonesia, mengundang perhatian Duta Besar New Zealand (Salandia Baru) untuk datang berkunjung ke daerah tersebut.

Hal ini diungkapkan. Dubes New Zealand, Dr Trevor Matheson ketika berbincang-bincang dengan bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi usai menjadi narasumber pada Rapat kerja Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggunalangan Bencana (BNPB) di pulau Bali.

"Benar, kita sudah berbincang dengan Mr Trevor Matheson, kata beliau dalam waktu dekat akan datang ke Limapuluh Kota, tentunya melihat New Zealandnya Indonesia, sekaligus  meninjau potensi peternakan yang ada di daerah kita," ujar bupati Limapuluh Kota didampingi Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Limapuluh Kota, Joni Amir S.sos menjawab wartawan, Kamis (22/02/2018).

Menurut Irfendi, kedatangan Dubes New Zealand tersebut dipastikan, dengan telah dimasukkannya kunjungan kerja Dr Trevor Marteson oleh Senior Develpment Pragramme Coordinator, Firliana Purwanti kedalam agenda kerjanya.

"Kita sambut baik kedatangan Dubes ke Limapuluh Kota, semoga kedatangannya nanti dapat memepererat kerja sama antar dua negara, sekaligus dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan terkait wisata dan peternakan yang ada di kabupaten kita," tambahnya.

Dikatakannya, saat ini pemkab Limapuluh Kota sedang gencar mensukseskan program pengembangan ternak sapi potong unggul kepada masyarakat, dengan pemeliharaan sapi unggul diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan peternak, sekaligus membuka peluang kerja, dan pemberantasan pengangguran.

“Dengan kesusksesan kehidupan peternakan di New Zealand, tentunya akan banyak memberikan pengetahuan kepada kita nantinya, terutama belajar cara pemeliharaan sapi potong unggul jenis simental di Limapuluh Kota. Tujuannya, untuk meningkatkan SDM para peternak sapi potong dimaksud,” ujar Irfendi.

Irfendi juga meyakini, dengan hadirnya tokoh-tokoh mancanegara di kabupaten Limapuluh Kota, khususnya di BPTU-HPT Padang Mengatas, selain berdampak positif terhadap perkembangan peternakan, juga diyakini dapat mendongkrak perkembangan wisata di kabupaten yang dipimpinnya.

"Seperti kita ketahui, Padang Mengatas, New Zealandnya Indonesia ini sangat  bepotensi untuk dikembangkan, keunikannya yang memiliki pemandangan hijau rerumputan membuat semua orang terpesona, apalagi dilokasi ini juga  dimanjakan dengan pemandangan ratusan hewan ternak."sebutnya

Menurutnya, saat ini pemkab tetap fokus melakukan pengembangan wisata berkelanjutan didaerahnya, salah satunya pengembangan Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijau Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangateh. "Kita akan terus kembangkan pembibitan ternak seperti ini, jadi nanti orang datang ke Limapuluh Kota, bukan hanya melihat peternakan sapi potong saja, tapi juga menikmati suasana yang tidak kalah dengan suasana di New Zewland,"pungkasnya.(rel /ul)