Epi Santoso Ketua Baznas Padang, "Lantik UPZ Kodim O312"

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Kodim 0312 Padang membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) untuk memaksimalkan pengumpulan dan penyaluran zakat. Hebatnya, ini UPZ pertama yang dibentuk di lingkungan instansi TNI tersebut.

"Biarpun tentara ini instansi vertikal, namun selaku muslim, kami berkewajiban menyisihkan penghasilan untuk menunaikan zakat. Agar pengumpulan dan penyalurannya tepat maka kami bersinergi dengan Baznas Kota Padang," kata Komandan Kodim 0312 Padang  Letkol Kav Erizal Satria, S.E,  dalam sambutannya saat pelantikan pengurus UPZ di lingkungannya.

Dia menyebut UPZ Kodim 0312 Padang adalah yang pertama di lingkungan TNI yang bersinergi dengan Baznas Kota Padang. Langkah ini dilakukan setelah mendapatkan kajian tentang zakat dari badan amil zakat Kota Padang.

Selain itu, kata Erizal, sudah ada aturan yang mengamanahkan tentang pembentukan UPZ pada setiap instansi pemerintah. Hal ini mendorong sekaligus menguatkan pembentukan UPZ dari instansi yang dipimpinnya.

"Sudah ada aturang yang mengamanahkan, UU dan Peraturan Pemerintah agar setiap instansi pemerintah membentuk UPZ," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso yang didaulat untuk melantik menyebut, UPZ Kodim 0312 Padang merupakan UPZ ke-142 yang terbentuk.

"Sudah 142 UPZ yang terbentuk di Kota Padang," katanya.

Dia menambahkan, semua instansi di Pemko Padang sudah sejak lama terbentuk sedangkan UPZ dari instansi vertikal baru Kemenag yang sudah ada. Sekarang menyusul Kodim 0312 Padang dan diharapkan instansi vertikal serta badan usaha baik swasta maupun milik negara juga mengikuti.

"Kemenag dan Kodim sudah memulai, diharapkan instansi vertikal dan badan usaha swasta dan BUMN menyusul juga," imbuhnya.(du/yz)