Bupati Irfendi Ajak Masyarakat Waspadai Kebakaran di Musim Kemarau

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota). 

Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi kembali mengimbau masyarakat mewaspadai terjadinya bencana kebakaran. Sebab, dengan cuaca cenderung kemarau dewasa ini rawan terjadinya musibah kebakaran.

Apalagi sejak dua hari belakangan sudah ada sejumlah peristiwa amukan sijago merah tersebut di daerah ini.

“Saya mengajak kita semua mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran. Sebab, dengan kondisi cuaca kurang hujan saat ini, kita khawatir kebun dan rumah penduduk jadi rawan bahay kebakaran,” ungkap Bupati Irfendi kepada wartawan kemaren.

Untuk menghindari terjadinya peristiwa yang merugikan tersebut, Irfendi, meminta masyarakat tidak lalai terhadap sumber api yang dapat memicu kebakaran. Tak kalah pentingnya, meminta masyarakat tidak melakukan pembakaran pada tempat yang rawan terjadinya amukan sigulambai tersebut.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, saya mengajak kita semua tidak melakukan pembakaran sampah di tempat-tempat rawan dari bahaya kebakaran serta tidak melakukan aksi bakar-membakar untuk membuka lahan pertanian,” tutur Irfendi.

Selain itu juga, harus hati-hati membakar sampah. Jangan sampai apinya merembes ke rumah atau banda lainnya yang bisa menyulut api membesar. Tak kalah pentingnya pula, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, apalagi di dalam hutan.

“Kita minta kaum ibu benar-benar memastikan bara api di tungkunya sudah padam sebelum meninggalkan dapur. Sama halnya dengan kaum bapak, agar memastikan pula puntung rokoknya betul-betul sudah padam dan tidak dibuang sembarang tempat,” ingat Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi juga mengingatkan warga agar ekstra hati-hati menggunakan lilin atau lampu minyak tanah. Penerangan itu harus dipastikan sudah padam kembali sebelum tidur.

“Kita tidak mau karena kelalaian dengan api menimbulkan kerugian besar. Untuk itu, saya mengajak seluruh elemen masyarakat selalu waspada dan hati - hati dalam menggunakan api dan atau benda dan bahan yang mudah terbakar. Apalagi kini cuaca cenderung panas,” tekan Irfendi.

Informasi diperoleh sejak dua hari belakangan setidaknya sudah terjadi kebakaran lahan pertanian di Perbukitan Tarantang Kecamatan Harau, lahan perkebunan karet warga di Jorong Koto Ramai Kecamatan Akabiluru dan kebun karet Batu Manda Jorong Damar Tinggi Kenagarian Sungai Rimbang, Kecamatan Suliki, Selasa (30/01/2018). Sebelumnya Minggu (28/01/2018) api juga melumat lahan pertanian di Jorong Lubuak Limpato Kenagarian Tarantang, Kecamatan Harau.(ul).