TAMPAN”, Langkah Gemar Menabung Pelajar MTsN 4 Pasaman Barat"

IMPIANNEWS.COM, (Simpang Empat).

 “TAMPAN”, sebagai langkah untuk membiasakan kegemaran menabung untuk peserta didik di MTsN 4 Pasaman Barat.

Kepala MTsN 4 Pasaman Barat Syamsul Bayan, MA didampingi Ketua koperasi Ikhwanul Muslim. M Kamis (14/12) mengatakan TAMPAN adalah tabungan masa depan yang diadakan oleh Koperasi guru dan Pegawai madrasah.

Disampaikannya, ini merupakan langkah pendidikan yang nyata dengan cara menyediakan wadah kepada para peserta didik untuk menyisihkan uang jajan mereka supaya di tabung. Artian lain, dididik untuk gemar menabung .

Diakui Bayan kegiatan ini sudah berjalan kurang lebih kurang 2 tahun dan mendapat antusias yang luar biasa dari para peserta didik, mereka mendapatkan solusi untuk menyimpan uang dengan mudah dan aman.

Lanjutnya, program ini di luncurkan bisa menjadi solusi membantu wali siswa dalam merencanakan pendidikan anak-anak mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga para peserta dididik yang menamatkan diri dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi baik di dalam negeri maupun di luar.

“Juga ini sebuah langkah untuk membiasakan para siswa untuk tidak boros dalam membelanjakan uang jajan mereka”, terangnya.

Ketua koperasi menjelaskan, di TAMPAN proses penyimpanan uang sangat mudah cukup dengan membawa buku tabungan yang sudah di sediakan dan meletakkan berapa jumlah uang yang akan di tabungkan,
Katanaya, siswa hanya tinggal mengumpulkan buku tabungan tersebut kepada petugas khusus tabungan yang  sudah disediakan oleh koperasi Guru dan Pegawai madrasah ini, dan petugas tabungan bertanggung jawab  mengembalikan buku tabungan kepada pemiliknya masing-masing, sehingga para peserta didik dapat memeriksa kesesuaian antara uang yang mereka tabung dengan total uang yang sudah mereka tabungkan.

Dari beberapa siswa yang ditanya, mengatakan mereka sangat terbantu dengan TAMPAN, sekaligus mendapatkan pengajaran tentang berhemat.

Diakui Ikhwanul Muslim, belum semua siswa MTsN 4 Pasaman Barat membuka tabungan tersebut, diharapkan kedepannya semakin bertambah minat untuk menabung melalui TAMPAN.
Katanya, untuk merangsang minat pihak koperasi memberikan  sourvenis kepada penabung terbanyak yang di berikan setiap sekali 6 bulan atau  di akhir semeseter pada saat pembagian rapor (suf78).