Kasi PAIs, Sri Yusnita Apresiasi Peringatan Maulid Nabi Muhammad di SDN 46 Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, keluarga besar SDN 46 Payakumbuh menggelar pengajian agama pada Sabtu (02/12) dengan menghadirkan penceramah ustadz Ersis Warman (Kepala SMP Islam Raudhatul Jannah). Sebanyak 296 siswa dari kelas 1 s/d kelas 6 berkumpul di halaman sekolah ini dengan beralaskan koran yang sengaja dibawa oleh siswa dari rumah masing-masing.

Sebagaimana diterangkan Kepala SDN 46 Payakumbuh, Hj. Irwani, pengajian agama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini diinisiasi oleh Guru PAI. Ususlan Guru tersebut kita respon positif.

" Memperingati Hari besar islam merupakan salah satu kewajiban kita umat muslim, dan kita sangat apresiasi dengan Guru PAI yang telah mengingatkan dan mengusulkan pengajian ini. Kita hadirkan seluruh guru dan siswa untuk ikut pengajian yang kita laksanakan sekitar 2 JP ini. Kita berharap dengan pengajian ini, kita dapat mengambil ikhtibar, terkhusus bagi siswa kita sebagai generasi penerus islam. Semoga mereka kelak menjadi pemimpin penerus yang istiqamah dalam membela tegaknya syariat islam di Payakumbuh," terang Irwani singkat.

Tampak siswa dan guru serius mendengar dan menyimak pengajian yang disampaikan ustadz Ersis Warman yang mengambil tema " 4 sifat Nabi Muhammad SAW yang harus ditanamkan sejak dini kepada siswa".

"Allahu Akbar. Dalam al quran Surat Al Ahzab ayat 21, Allah telah menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah contoh teladan dan rahmatan lil 'alamiin. Semua perilaku, tingkah, pola bicara, adab dan etika Rasulullah mendapat pujian dari semua. Sejak usia kandungan, nabi Muhammad SAW telah menjadi yatim. Dan usia 6 tahun, Nabi Muhammad SAW sudah menjadi Yatim piatu. Walau hidup di jaman jahiliyah, nabi Muhammad SAW adalah Rasul utusaan Allah SWT yang diberikan tugas mengganti kejahilan kepada lingkungan yang beraqidah. Termasuk mempertahankan emansipasi wanita yang tiada berharga di masa jahiliyah," terang Ersis.

" Dengan 4 sifat Nabi Muhammad SAW, Beliau digelari rakyat Arab sebagai Al Amin (yang dapat dipercaya). Gelar ini merupakan gelar pilihan dan jarang kita jumpai, apalagi zaman sekarang ini yang umat manusia lebih mengutamakan nafsu dunia. Terkadang melanggar norma-norma. Empat sifat Nabi Muhammad SAW, yaitu amanah, siddiq, fathonah dan tabligh. Empat sifat ini merupakan kunci syorga. Kami berharap 4 sifat ini dimiliki oleh siswa sejak dini. Kalaulah 4 sifat ini sudah tertanam sejak kecil, insyaallah dunia akan damai dan sejahtera ditangan kepemimpinan ananda kami semua, kelak. Mari kita bersama kembali mempelajari dan membaca kisah para nabi dan rasul, khususnya Nabi Muhammad SAW, agar kita tahu dan mencintai rasulullah," tukuk Ersis Warman.

Ustadz Ersis Warman juga mempersilahkan siswa bertanya, termasuk majlis guru. Kegiatan ini ditutup dengan menikmati snak ringan yang telah disiapkan pihak sekolah.

Salah seorang Guru PAI, Suharni mengucapkan terima kasih kepada Kepala SDN 46 Payakumbuh yang telah merespon usulan kita. Pengajian ini adalah salah satu wadah PBM PAI  yang telah kita siapkan dalam perangkat pembelajaran, yaitu pendidikan berkarakter dengan mempedomani kisah nabi dan rasul," ungkap Suharni didampingi rekan Guru PAInya, Risa.

Kepala kankemenag melalui Kasi PAIs, Sri Yusnita sampaikan apresiasi dengan kegiatan agama dan keagamaan yang dilaksanakan di SDN 46 Payakumbuh.

" Kita sangat bangga, walau kita tidak dapat menghadiri karena lembur dalam rangka mempersiapkan berkas pencairan sertifikasi Guru PAI untuk tahun ini. Inilah yang kita harapkan dari Guru PAI, mereka aktif memberikan dan melaksanakan PBM PAI di tempat tugasnya. Disamping itu, Guru PAI juga mesti kreatif dan inovatif dalam memnajalnkan RPP dengan berbagai media pembelajaran, salah satunya adalah belajar agama di lapangan terbuka. Terima kasih," kagum Sri Yusnita.(ul)