Kapolres 50 Kota : Jalur Sudah Bisa Dilewati, Mohon Tetap Waspada dan Berdoa

IMPIANNEWS.COM (Pangkalan, Kab. 50 Kota). 

Belum lama berselang, akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut, banjir kembali melanda Jorong Sopang Kenagarian Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto pada hari ini Sabtu (30/12/2017). Luapan air Batang Maek merendam pemukiman, sekolah serta lahan pertanian warga setinggi lebih kurang 0,5 meter. Akibat banjir, kemacetan di jalur lintas Sumbar - Riau pun tak terhindarkan, baik dari Sumbar maupun menuju Sumbar. Ratusan kenderaan pun mulai tampak terjebak banjir. Sesekali tampak kenderaan yang mati mesin akibat banjir.

Sebelum nya, Bupati 50 Kota Irfendi Arbi menghimbauan pengguna jalan tetap waspada dan untuk tidak menempuh jalur ini sementara. Karena dimungkinkan akan terjadi longsor susulan akibat intensitas hujan yang masih tinggi. Selain itu kondisi banjir di Sopang juga perlu jadi pertimbangan untuk menempuh jalur ini.

Setelah bajibaku di lokasi longsor dan banjir, sedari kemaren malam Jum'at (29/12) hingga berita ini dikirimkan tim gabungan BPBD Kab. 50 Kota masih di lokasi bencana banjir.

Sebagaimana imformasi yang kita terima dari Kapolres Kab. 50 Kota, Haris Hadis pada Sabtu (30/12) pukul 18.00 WIB di lokasi banjir Jorong Sopang Kec. Pangkalan.

"Saat ini, Air sudah surut. Sudah bisa dilalui, tapi masih macet. Ini efek tertahan banjir sebelumnya. Disarankan yg menuju Riau bertahan di Lubuk Bangku. Khawatir, longsor susulan terjadi lagi, karena cuaca masih hujan. Tetaplah berdoa, semoga kita semua dilindungi Allah SWT. Situasi tetap aman terkendali, jangan terlalu cemas. Bagi para pengendara kita himbau agar tetap hati-hati selama musim hujan ini. Perhatikan area parkir untuk istirahat atau berhenti karna bencana longsor maupun banjir kapan saja bisa terjadi," pungkas Kapolres.

Sementara itu imformasi lainnya yang kami terima dari Camat Kec. Kapur IX, Andri Yasmen melalui WAG Imformasi Bencana Luak Limopuluah

"Saat ini hujan sudah berhenti di wilayah Jorong Durian Tinggi. Kondisi air saat ini masih bertahan. Hingga pukul 00.32 Ahad (31/12), ruas jalan provinsi menuju Kapur IX tepatnya di Lambe, belum bisa dilewati. Kita berharap air segera surut," terang singkat Camat Kapur IX.

Sementara itu, Tim Gabungan BPBD kab. 50 Kota saat ini masih bertahan di Posko Bencana Kec. Pangkalan Kab. 50 Kota.(ul)