GEMPA BUMI DIPICU SESAR AKTIF MENTAWAI KEMBALI MENGGUNCANG PAINAN DAN PADANG

IMPIANNEWS.COM (Padang Panjang ).

 “Hari Minggu tanggal 17 Desember 2017 gempabumi tektonik kembali mengguncang wilayah Painan dan Padang. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 19:12:58 WIB  dengan kekuatan M=4,6 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.81 LS dan 100.42 BT, pada kedalaman 18 km”

Hal ini diterangkan Kepala Stasiun Geofisika Kelas l Padang Panjang, Rahmat Triyono, ST, Dipl Seis, MSc melalui WA nya, Ahad (17/12).

“Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Painan dan Padang dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (II-III MMI). 

Beberapa masyarakat telah melaporkan merasakan guncangan di Painan dan Padang.

“Terkait dengan peristiwa gempabumi Painan yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 19:45:00 WIB belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. 

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.”

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif mentawai. 

Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu penyesaran mendatar (strike slip fault). Mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sesar Mentawai yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 18 km di daerah tersebut.”

Sesar Mentawai merupakan sesar aktif yang berlokasi di laut sekitar kepulauan Mentawai berjarak sekitar 150 km dari pantai barat Sumateta yang memanjang dari  pulau-pulau Mentawai dari Selatan hingga ke hingga ke sekitar Utara Nias

Historis gempabumi merusak yang pernah terjadi pada sesar aktif mentawai yang berdekatan pada lokasi tersebut yaitu gempabumi pada tanggal 2 Juni 2016 jam 05:56:02 dengan kekuatan M=6.5 yang menimbulkan kerusakan ringan di Painan dan dirasakan di Painan, Solok, Mukomuko, dan Sikakap Kep.Mentawai IV-V MMI,
Padang, dan Sipora Kep. Mentawai IV MMI, Pariaman, Agam, Batusangkar dan Padang

 Panjang III-IV MMI, 50 Kota, Pasaman Barat, Sijunjung, Sungai Penuh dan Kerinci III MMI, Pasaman dan Pekanbaru II-III MMI. (rel/ul)