DANDIM PADANG HIMBAU ANGGOTANYA MUSLIM MEMBAYAR ZAKAT

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Dandim 0312 Padang, Letkol  Kav. Eryzal Satria, S.E menghimbau anggotanya supaya  mengeluarkan zakat. Zakat itu, rezeki para fakir dan miskin yang Allah titipkan melalui rezeki kita. Gaji atau pendapatan kita tiap bulan.

"Dengan mengeluarkan zakat dari gaji yang diterima setiap bulan, membuat keberkahan terhadap rezeki yang kita miliki," timpal Dandim Padang, Eryzal Satria dihadapan para anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 Padang di Ladang Padi, Taman Raya Bung Hatta, Kamis, 21 Desember 2017.

Sosialisasi zakat itu dihadiri Ketua Baznas Padang, Ust Episantoso, Kabid Pengumpulan Agus Salim dan Humas Baznas Padang, Awaluddin Kahar.

Melihat pentingnya membayar zakat bagi ummat yang beragama Islam, Dandim Padang Letkol Eryzal Satri mengintruksikan segera dibentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Kodim 0312 Padang.

Kasdim, Para Pasi dan tantama, diperintahkan Dandim Eryzal  bermusyawarahlah menunjuk siapa yang patut dan layak  diberi amanah (kepwrcayaan) mengurus zakat gaji anggota TNI itu.

Sebagai Dandim, ini adalah perintah bagi anggota TNI yang beragama Islam. Sedangkan bagi saudara kami anggota TNI Nasrani menyesuaikan saja.

Sementara Ketua Baznas Kota Padang, Ust Episatoso menjelaskan secara runut dasar hukum wajib mengeluarkan zakat.

Selain Al Qur'an, Undang undang (UU) Pengelolaan Zakat Tahun 2013, ada peraturan Baznas Pusat dan Kepmen Agama RI.

"Membayar zakat membersihkan harta kita. Rezeki yang tinggal jadi berkah. Allah dan Rasulnya menjamin tidak ada orang yang mengeluarkan zakat jadi meskin," tutur Ust Episantoso.
Tentang rencana  pembentukan UPZ Kodim  0312, Baznas Padang menyambut baik. Setelah nanti terbentuk pengurus minimal Ketua, Sekretaris dan Bendahara  Dandim Padang membuat surat untuk di SK kan Baznas Padang.

Baznas Padang nanti akan menjelaskan sistem kerja UPZ Kodim 0312 Padang. Dalam sosiali zakat yang berlangsung hampir dua jam lebih itu, beragam pertanyaan diajukan anggota TNI Kodim 0312 Padang.

Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan jelas oleh Ketua Baznas Padang, Ust Episantoso. Awkar.