Peringatan HGN Ke 72 di Payakumbuh Berlangsung khidmat

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Ribuan guru ikuti upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Ke 72 Tahun 2017 di Gelanggang Pacu Kuda Kubu Gadang Kota Payakumbuh. Upacara yang dimulai pukul 08.00 pagi ini juga diikuti puluhan siswa yang mengambil peran sebagai kelompok nyanyi, penggerek bendera dan penampilan atraksi seni budaya Minang Kabau.

Tampak hadir dalam upacara bendera peringatan HGN, Sabtu (25/11), Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II, Amriul Dt. Karayiang, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, Kepala Dinas Pendidikan, Agustion, Kepala Kankemenag, Asra Faber, Ketua Dewan Pendidikan, Nedi Rinaldi, Ketua PGRI, Dalius. Selain itu juga hadir pejabat fungsional guru dan pengawas dijajaran diknas dan kemenag. Bertindak sebagai komandan upacara, Kepala BLK, Riswandi.

Dalam amanat upacara bendera peringatan HGN, Asisten II, Amriul Dt. Karayiang membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Dalam peringatan HGN tahun 2017 yang bertema Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru, Menteri Muhadjir Effendy menekankan, bahwa guru adalah sosok utama dalam satuan pendidikan yang bertanggungjawab membentuk karakter untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental, untuk menyiapkan generasi emas tahun 2045. Untuk itu guru berperan sebagai significant other dan menjadi keteladanan bagi peserta didik. Sebab tidak ada seorang manusia akan sukses tampa sentuhan seorang guru. Pemerintah akan tetap berupaya meningkatkan kesejahteraan guru termasuk yang sedang mengabdi di daerah tertinggal. Karena guru bertanggungjawab langsung kepada pemerintah, diharapkan guru meningkatkan kapasitas, kompetensi, profesionalisme serta gigih melahirkan berbagai inovasi.

Setelah pelaksanaan, upacara bendera kegiatan dilanjutkan dengan tabligh akbar dengan pentausiyah, ustadz Zulkifli.

Ditempat terpisah seusai pelaksanan upacara peringatan HGN, Kepala kankemenag, Asra Faber menyampaikan, bahwa peringatan HGN di Payakumbuh berlangsung sukses dan khidmat. Semua guru, pengawas dan pejabat yang terkait dengan pendidikan dijajaran kankemenag kita hadirkan dalam HGN ini, terang Asra Faber.

"Guru itu bukan hanya sebuah pekerjaan, tapi guru menyiapkan sebuah masa depan. Kualitas masa depan bangsa ini ditentukan oleh guru-guru hari ini. Karya seorang guru, ciptakan jutaan anak Indonesia yang karakternya terbentuk dengan etos kerja berbasis karya. Guru bukan hanya sekedar pendidik melainkan peletak dasar masa depan kita dan bangsa kita. Karenanya, banggalah menjadi guru. Secara khusus kita ambil contoh guru di madrasah, selain peserta didik dibekali dengan ilmu pendidikan yang sebanding dengan ilmu agama sebagai bekal dunia akhirat. Selain itu jajaran pendidikan yang dikelola kankemenag Kota Payakumbuh selalu giat sukseskan program pemko. Berbagai prestasi jajaran madrasah kita mampu tampil di depan dan harumkan Kota Payakumbuh di tingkat nasional. Selamat Hari Guru,, jadilah pamong," ungkap Asra Faber.

Menurut Wakil Ketua PGRI Kota Payakumbuh, M. Sawari, " Tabligh akbar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengisi HGN sebagaimana yang telah disusun panitia. Insyaallah besok kita akan gelar jalan santai dan sepeda ria yang dipusatkan di Dinas Pendidikan.ul