Operasi Zebra 2017, Kapolri : Polisi sebagai PROMOTER adalah Jabaran dari Nawacita

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Pelaksanaan operasi zebra tahun 2017 pada tanggal 1 s/d 14 November 2017 adalah  bahwa dalam rangka menekan angka pelanggaran UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan perlu adanya koordinasi dengan berbagai stakeholder.

Hal tersebut sebagaimana dibacakan Kapolres melalui Wakapolres, Edisra dalam amanat apel gelar pasukan operasi Zebra tahun 2017 yang bertempat di halaman Mapolres Kota Payakumbuh, hari ini Rabu (01/11).

Kanit Regiden, Rama bertindak sebagai komandan dalam apel gelar pasukan operasi zebra tahun 2017, sekaligus mendampingi inspektur upacara dalam pemeriksaan kesiapan pasukan dalam pelaksanaan apel ini.

Wakapolres, Edisra dalam membacakan amanat Kepala Kops Lalu Lintas Polri, menyebutkan, “bahwa dari data operasi zebra tahun 2016 terjadi penurunan angka kecelakaan dan kejadian di jalan raya sebanyak 518 (16 %) kejadian dibandingkan tahun 2015.

Jumlah korban meninggal duniajuga mengalami penurunan sekitar 129 jiwa (17 %). Jumlah pelanggaran tahun 2016 sebanyak 356.101 dengan jumlah tilang 228.989 lembar,” sebut Edisra

Polisi lalu lintas dalam menjalankan UU No. 22 tahun 2009 bertindak secara edukasi, engineering, enforcement, regiden, pusat K3I, koordinator pemangku kepentingan, memberikan dampak lalu lintas dan korwas PPNS.

Dalam rangka penjabaran Nawacita Presiden RI, Kapolri menyebutnya Program PROMOTER (profesional, Modern dan Terpercaya) yang kemudian dijabarkan dalam 10 program prioritas dan 1 quick wins.

Dalam operasi zebra tahun 2017, target difokuskan pada kenderaan bermotor. Dengan operasi zebra tahun 2017 dharapkan peningkatan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas sehingga dapat meminimalisir angka kecelakaan dan fatalitas.

Terajdinya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap polri dan terwujudnya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar) jelang Natal dan Tahun Baru,” tukuk Edisra

Operasi zebra tahun 2017 ditandai dengan penyematan pita oleh Wakapolres, Edisra kepada Ridho (personil polantas Polres Payakumbuh, Bismet (POM) dan Hariko Usman (Dishub).

Dalam apel gelar pasukan operasi zebra tahun 2017 tampak dihadiri Walikota Payakumbuh diwakili Sekdako, Benni Warlis, Bupati diwakili Plt. Sekdakab, M. Yunus, Dandenpom, Ali Yohanes, Dandim diwakili Pasiter Kodim, Alseprizal, Kadishub, Adrian.

Apel ini selain menghadirkan personil polres Kota Payakumbuh juga menghadirkan 1 pleton Pol PP, 1 pleton TNI dan bhabinsa, 1 pleton Dishub serta Kapolsek Wilkum Payakumbuh.

Apel gelar pasukan operasi zebra tahun 2017 ditutup dengan pemeriksaan kelengkapan dan surat-surat kendaraan operasional oleh Wakapolres bersama para undangan dan didampingi langsung Kasat Lantas, Yudi  Satria.(ul)