KPU Agam Temui Data Ganda

IMPIANNEWS.COM (Agam).

 Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Agam telah menemukan ratusan data ganda syarat dukungan partai berupa KTP maupun KTA dari belasan partai yang saat ini sedang melalui verifikasi penelitian administrasi di Agam.

Disampaikan KPU Agam Alhadi Nama yang masuk dalam data ganda, dapat mengurangi setiap jumlah dukungan partai yang bersangkutan.

Ketua KPU Kabupaten Agam, Alhadi, didampingi oleh, Divisi Teknis KPU Agam Eri Efendi, (6/11), mengatakan, KPU Agam saat ini sedang melakukan verifikasi penelitian administrasi dukungan partai. Di Kabupaten Agam ada belasan partai yang yang memenuhi persyaratan dukungan.

” Ada 13 partai yang saat saat ini kita periksa secara administrasi data berkas dukungannya.  Dukungan  terhadap partai ini bakal diverifikasi secara ketat. Sejauh ini verifikasi berjalan dengan baik dan sesuai sebagaimana yang diharapakan,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam proses verifikasi ini KPU menemukan sejumlah data ganda di lapangan. Contohnya ada  KTP yang sama pada dua partai yang berbeda. Jumlahnya cukup banyak mencapai 502 KTP. KPU langsung cek kepada yang bersangkutan.

” Dari pengecekan di lapangan ada masyarakat yang membantah jadi anggota partai yang bersangkutan. Selain itu juga ditemukan KTP anak di bawah umur. Kemudian KTP anggota Polisi, TNI. Berkas ini dibuat berita acaranya kemudian tidak dimasukkan lagi dalam hitungan berkas dukungan partai,” ungkapnya.

Salah seorang masyarakat yang KTP nya di temukan pada dua partai yang berbeda, Lili mengaku kaget. Menurutnya, dulu memang dia  pernah ditawarkan salah satu partai untuk menjadi pengurus, namun tidak sampai memiliki KTA. Pada partai yang lain, bahkan ia tidak tahu-menahu sama sekali.

” Saya baru tahu jika KTP saya dimasukkan oleh dua buah partai. Saya tidak tahu bagaimana partai tersebut sampai bisa mendapatkan KTP saya. Kami berharap KPU bisa bekerja maksimal sehingga kasus seperti ini bisa tidak kembali terulang,” jelasnya. (ns)