Kasi PHU : Kamis Depan Kita Mulai Manasik Massal I untuk Tahun Haji 2018

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Insyaallah, sebanyak 317 jemaah calon haji Kota Payakumbuh sebagaimana yang telah kita umumkan di berbagai media akan mengikuti manasik Massal I tahun haji 2018 pada Kamis (09/11) dan akan dibuka secara resmi Walikota Payakumbuh. Sebelumnya, kita juga telah kirimkan surat pemberitahuan panggilan manasik melalui penyampaian informasi di 83 mesjid yang tersebar di Kota Payakumbuh. Dan berdasarkan pantauan Kami serta laporan dari penyuluh agama islam, pengurus mesjid telah mengumumkan hal ini sebanyak 2 kali, dalam shalat Jum’at.

Hal tersebut dijelaskan Kepala kankemenag melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Jufrimal yang kita jumpai hari ini Senin (06/11) diruang kerjanya.

Jufrimal menambahkan, “tahun haji 2018 adalah tahun haji yang sangat super untuk Kota Payakumbuh. Tercatat ini adalah jemaah terbanyak sepanjang sejarah. Analisa kami kita akan padati 1 kloter nantinya. Dari 317 jch yang ada saat ini, terdapat 15 jch yang berada dalam posisi cadangan, dan mereka nantinya akan kita buatkan sebuah surat pernyataan, sebagai antisipasi. Dan hal ini sesuai instruksi pimpinan,” imbuh Jufrimal.

Dalam manasik massal I ini nantinya kita akan sampaikan berbagai informasi terkait perhajian dan silaturrahmi. Terkait manasik Massal I ini, kita sudah koordinasikan dengan Pemko Payakumbuh, Kepala KUA kecamatan. Belajar dari tahun haji 2017, kita akan kembali bentuk kelompok manasik mandiri yang dikoordinir langsung jemaah calon haji nantinya. Namun ada kekhawatiran yang terlintas dibenak kami, yaitunya terkait kuantitas aula serbaguna dan ketersedian kursi. Namun masalah ini akan kami laporkan pada pimpinan untuk dicarikan solusi,” tukuk Jufrimal.

Salah seorang jch yang datang mencari informasi manasik, Prima Satria yang hadir bersama istrinya Renoviati yang berasal dari Kelurahan Balai Nan Duo Kec. Payakumbuh Barat, mengutarakan,” Saat mendaftar haji dulu, kami tinggal di rumah kontrakan di Kota Payakumbuh. Alhamdulillah sekarang kami sudah miliki rumah sendiri yang terletak di Kab. 50 Kota. Sehingganya kami kurang mendapatkan informasi ini. Alhamdulillah, ada teman yang menginformasikan kepada kami. Sebagaimana yang tertera di papan informasi pada kankemenag. Insyaallah kita ikuti,” ucap Prima yang bekerja di Sekwan Kota Payakumbuh. (ul).