Walikota : Sebanyak 2% hingga 2,5% PNS kota Payakumbuh Pensiun Setiap Tahunnya.

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Semua orang pasti akan berhenti bekerja suatu hari nanti, tak terkecuali dengan pegawai negeri sipil (PNS). Memasuki masa pensiun tersebut tentu mesti dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Sebagai wujud persiapan tersebut, pemerintah kota Payakumbuh melalui badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM)  bekerjasama dengan PT Taspen (Persero) dan anak perusahaannya Bank Mandiri Taspen Pos menggelar kegiatan sosialisasi ketaspenan, program jaminan kecelakaan kerja (JKK)  dan jaminan kematian (JKM)  di Aula Lantai III Balaikota Bukik Sibaluik, Rabu (25/10).

Walikota yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Iqbal Bermawi dihadapan kepala kantor cabang PT Taspen Bukittinggi, Furqon, kepala cabang Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap)  Bukittinggi, Frans Susanto, Kepala BKPSDM, Dafrul Pasi, kasubag kepegawaian serta peserta sosialisasi menginformasikan bahwa setiap tahun terdapat 2%-2,5% PNS kota Payakumbuh memasuki usia pensiun setiap tahunnya.

"Jumlah PNS di lingkungan kota Payakumbuh per tanggal 1 Oktober adalah sebanyak 3196 orang yang terdiri dari tenaga guru 2036 orang, tenaga kesehatan 435 orang dan 1725 orang tenaga teknis," kata Iqbal

"Adapun jumlah pensiun/purna tugas sampai 2021 adalah sebanyak 345 orang dari tahun 2017 sebanyak 84 orang, kemudian 63 orang, 70 orang, 63 orang dan 65 orang di tahun-tahun berikutnya. Jadi terdapat 2%-2,5% PNS kota Payakumbuh memasuki usia pensiun setiap tahunnya, " ungkap Iqbal menambahkan.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, walikota berharap peserta dapat memahami hak dan kewajiban PNS di masa pensiun.

" Terimakasih kepada Taspen dan BKPSM atas terselenggaranya kegiatan ini. Melalui sosialisasi ini kami mengharapkan kepada PT Taspen untuk memberikan pemahaman mengenai hak dan kewajiban PNS tentang program Ketaspenan yang ada, program jaminan hari tua (JKT), jaminan kecelakaan kerja (JKK)  dan lain sebagainya, " harap Iqbal mengakhiri sambutan Walikota.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Mufri Han selaku relatioship officer Bank Mantap melaporkan bahwa kegiatan serupa sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya di tahun 2017.

"Kegiatan sosialisasi ini sudah 2 kali kami selenggarakan atas kerjasama dengan BKPSDM yang sebelumnya digelar di Hotel Kolivera ," ungkap Mufri Han.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produk ketaspenan pada PNS yang memasuki batas usia pensiun (BUP), pengenalan layanan perbankan sebagai juru bayar pensiun dan sebagai mitra layanan taspen, " imbuh Mufri.

Secara terpisah, Dafrul Pasi selaku Plt. kepala BKPSDM melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 130 orang PNS.

"Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari 100 orang PNS yang akan memasuki BUP tahun 2018-2019 dan 30 orang kasubag kepegawaian di seluruh perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota Payakumbuh, " lapor Dafrul Pasi.

PT Taspen (Persero)  atau Tabungan dan Asuransi Pensiun adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun PNS.(ul)