Basarnas Sumbar Bekal Mendirikan Kantor Perwakilan di Limapuluh Kota.

IMPIANNEWS.COM (Limapuluh Kota).

Keinginan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi agar Basarnas punya perwakilan kantor di daerah yang dia pimpin, akhirnya dikabulkan.

Harapan itu, sebelumnya disampaikan Bupati, mengingat tingginya grafik bencana alam di Limapuluh Kota.

Bukan setahun dua tahun ini saja, tapi dari dahulu Limapuluh Kota kerap dihantam bencana. Irfendi meminta ke sejumlah pimpinan lembaga negara, agar ada perwakilan Basarnas di daerahnya.

Kepala Basarnas Sumbar, Sumpeno Yowono yang turun ke Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (30/1) menyebut, pihak Basarnas sepakat, akan mendirikan posko atau semacam kantor perwakilan di Limapuluh Kota.

“Kita sangat mendapat dukungan, dan ini menjadi keinginan bapak bupati (Irfendi Arbi,-red),” kata Sumpeno Yuwono. Hal itu diungkapkan terang-terangan oleh Sumpeno Yuwono, saat berkunjung ke Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama Plt Kepala BPBD Hendra Yoni dan Sekretarisnya, Nur Akmal.

“Alhamdulliah, Bupati Irfendi Arbi, sangat mendukung didirikannya Pos SAR di kabupaten Limapuluh Kota. Bahkan, bentuk dukungan itu, Pemkab sudah menyiapkan tempat kantor sebagai Pos SAR di kantor kawasan eks kantor bupati lama jalan Jenderal Sudriman Payakumbuh,” sebut dia.

Dikatakan Kepala Basarnal Sumbar, Sumpeno Yowono, jika Pos SAR sudah disiapkan Pemkab, Insyaallah awal bulan Oktober ini satu regu anggota Basarnas ( 8 orang,red) sudah ditempatkan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut Kepala Basarnal Sumbar, Sumpeno Yowono, untuk mendukung keberadaan Pos SAR, nantinya Basarnas tidak hanya sekadar menempatkan orang-orang Basarnas di Limapuluh Kota.

Namun juga akan menempatkan sejumlah peralatan untuk penanggulangan bencana seperti perahu karet, mobil rescue dan alat-alat rescuenya.

Diakui Kepala Basarnal Sumbar, Sumpeno Yowono, sejuah ini Basarna Sumbar sudah membentuk 3 Pos SAR di wilayah Propinsi Sumatera Barat yakni di Kabupaten Mentawai, Pasaman dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Lebih jauh Diungkapkan Kepala Basarnas Sumbar, Sumpeno Yowono, ke depan bukan tidak mungkin Kabupaten Limapuluh Kota akan memiliki Basarnas sendiri.

“Jika Pemkab Limapuluh Kota bersedia menyiapkan lahan seluas 2 hektar untuk membangun pusat perkantoran dan perumahan Basarnas Limapuluh Kota, InsyaAllah Basarnas Pusat akan membantu pendanaannya untuk membangun Basarnas Limapuluh Kota, “ pungkas Kepala Basarnal Sumbar", Sumpeno Yowono (ul)