Tingkatkan Ruang Gerak Koperasi Melalui Teknologi, Diskop dan UKM Padang Gelar Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Koperasi

Impiannews.com

PADANG  - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), terus berupaya meningkatkan motivasi sekaligus pembinaan bagi pengurus koperasi di Kota Padang, seperti halnya dalam urusan pengelolaan organisasi dan usaha koperasi masing-masing. 

Hal itu antara lain diwujudkan, dengan kali ini menggelar Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Koperasi yang diikuti unsur pengurus, pengelola dan pengawas koperasi se-Kota Padang. 

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula UPTD Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) selama 5-7 Oktober itu pun dibuka Wali Kota Padang yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Syuhandra, Selasa (5/10/2021).

Dalam sambutan dan arahannya, Syuhandra menyampaikan Pemko Padang melalui Dinas Koperasi dan UKM memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, khususnya dalam pengembangan koperasi sebagai lembaga penggerak ekonomi kerakyatan. 

"Semoga pelatihan yang sangat penting ini berjalan dengan baik dan bermanfaat sesuai tujuan dan harapan. Sehingga dengan itu koperasi di Kota Padang terus tumbuh dan berkembang menjadi koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni," harapnya.

Ia melanjutkan, melalui Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Koperasi tersebut juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan akan pentingnya penggunaan sistem informasi manajemen koperasi dalam pengelolaan organisasi dan usaha koperasi.

Begitu juga sambungnya, dapat meningkatkan motivasi bagi pengurus koperasi untuk menggunakan sistem informasi manajemen koperasi agar berkembang lebih baik. 

"Selanjutnya kita tentu berharap, melalui pelatihan ini akan memberi ruang gerak koperasi dengan mengakses teknologi informasi dalam bentuk alamat google map koperasi, blog, account medsos dan google bisnis. Semoga peserta dapat mengikuti secara baik dan memahami apa saja ilmu yang diberikan narasumber. Sehingga ilmu yang didapat bisa diterapkan di koperasi masing-masing," imbuhnya bersemangat.

Lebih jauh Syuhandra menjelaskan, sistem informasi manajemen koperasi adalah sebuah sistem bantuan untuk memudahkan pengelolaan manajemen dan usaha pada koperasi. Dimana proses manajemen koperasi sebelumnya yang dilakukan secara manual dengan lebih mengutamakan tenaga ahli dalam bidang kini berubah menjadi cara lebih cepat serta efektif.

"Sistem informasi manajemen koperasi ini dapat mencakup berupa software KSP, hardware, organisasi dan juga sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Dengan menggunakan sistem ini akan sangat memudahkan petugas dalam mencari data yang dibutuhkan misalnya data peminjam."

"Sedangkan manfaatnya bisa mengurangi kesalahan, kecepatan, perencanaan serta mengurangi biaya. Dengan itu semoga tata kelola koperasi semakin baik dan dapat meningkatkan kepercayaan anggota, masyarakat dan pihak ketiga yang akan sedang menjalin kerjasama dengan koperasi," pungkasnya mengakhiri.

Adapun dalam pelatihan tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber diantaranya Dr. Emrizal, SE,MM.CRP, lalu Dr. Primadona, SE, M.SI.CRP, Dr. Eng. Ardhian Agung, Y, M.T dan Aldo Erianda, S.ST, M.T, Ahmad Yanof, SE.Ak serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang.

(David)

Posting Komentar

0 Komentar