PPM Al Kautsar Muhammadiyah Sarilamak Gelar Tes IQ

Foto sebelum covid-19

IMPIANNEWS.COM 

Lima Puluh Kota, - Hal yang cukup penting bagi suatu lembaga pendidikan adalah mengetahui tingkat kemampuan akademik peserta didiknya. Inilah yang mendasari PPM Al Kautsar mengadakan tes IQ bagi peserta didiknya pada Sabtu (4/9/2021), yang diikuti sebanyak 227 santri MTs dan MA. 


Kegiatan yang dilaksanakan hampir setiap tahun ini bekerjasama dengan Rumah Konseling Minang Darussalam Padang pimpinan Dr. Irman, M.Pd (dosen IAIN Batu Sangkar) yang telah berpengalaman dalam melaksanakan tes IQ di berbagai instansi, baik pemerintahan maupun swasta.


Pelaksanaan tes IQ dilaksanakan di sekolah dengan teknis dimana peserta yang ikut dibagi ke dalam beberapa ruangan ujian. Setelah semua peserta berada di dalam ruangan, panitia membagikan alat tulis yang telah disediakan dan dilanjutkan dengan membagikan soal dan lembar jawaban. 


Sebelum peserta didik menjawab lembar soal yang diberikan, panitia terlebih dahulu memberikan informasi bagaimana cara menjawab soal-soal tes dengan prosedur yang tepat. 


Panitia menjelaskan, bahwasanya soal yang diujikan terbagi kepada: tes berpikir kreatif, tes verbal, dan tes kecepatan serta ketelitian.. 


"Secara umum tes IQ digunakan untuk memetakan kemampuan masing-masing peserta didik,"sebut Kepala PPM Al Kautsar, Dafri Hariweli, Senin (06/09/2021) pagi.  


Sejalan dengan itu, Dr. Irman, M.Pd selaku pimpinan Rumah Konseling Minang Darussalam Padang yang menjadi pelaksana dari tes IQ ini mengatakan bahwa tes IQ penting untuk dilaksanakan karena dapat digunakan untuk mengetahui bakat dan minat setiap peserta didik. 


Sejatinya menurut beliau setiap peserta didik adalah istimewa, setiap peserta didik mempunyai kelebihan dan kecenderungan nya masing-masing. Sehingga tes IQ ini tidak bertujuan untuk mengklasifikasi mana peserta didik yang cerdas dan mana peserta didik yang bodoh.


Lebih lanjut lagi, setiap jawaban peserta didik dalam tes IQ ini nantinya akan diolah dan salah satu tujuannya adalah sebagai bahan atau data pegangan bagi instansi sekolah untuk menggali bakat peserta didik, sehingga nantinya bisa diarahkan untuk mengikuti lomba-lomba yang ada guna meraih prestasi. 


Bagi guru-guru, hasil dari tes IQ ini juga bisa digunakan untuk menentukan pola pembelajaran yang cocok dan tepat bagi peserta didik, sehingga kelebihan-kelebihan dan potensi yang dimiliki peserta didik dapat tersalurkan secara maksimal nantinya.(014)

Posting Komentar

0 Komentar