Pengurus MUI Padang 2020-2025 Dikukuhkan, Wako Hendri Septa: Peran Ulama Sangat Penting bagi Kemasalahatan Umat


IMPIANNEWS.COM

PADANG - Dewan pimpinan dan perangkat organisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang masa khidmat 2020-2025 akhirnya resmi dikukuhkan. 

Pengukuhan bagi Ketua MUI Padang Japeri Jarab dan jajaran pengurus lainnya itu, dilakukan oleh Ketua MUI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Gusrizal Gazahar di Palanta Rumah Dinas Walikota, Senin (20/9/2021) . 

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Padang menyambut baik pengukuhan bagi pengurus MUI Kota Padang tersebut. 

Ia pun berpesan agar MUI Kota Padang bdapat membuat program kerja yang menyentuh dengan kebutuhan masyarakat luas. Begitu juga memperkuat sinergitas dengan Pemko Padang.

"Program kerja yang menyentuh itu diantaranya adalah salat subuh berjamaah ke sejumlah kecamatan dan Kelurahan. Begitu juga mendukung program Magrib Mengaji program Pemko Padang dalam rangka memberantas buta aksara Alquran serta gerakan Padang Berzikir," sebut Hendri Septa.

Selanjutnya wali kota juga berpesan agar kerjasama MUI Kota Padang juga dapat dilakukan dengan unsur Forkopimda dan stakeholder terkait lainnya.

"Kepada pengurus MUI Kota Padang yang baru di kukuhkan perlu gerak cepat untuk menyusun program yang berguna bagi kemaslahatan umat dan terutama sekali menjadikan generasi muda yang berkarakter mulia," tukuknya.

Sementara itu Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar mengatakan, sejatinya minimal ada dua tugas yang harus dilakukan MUI Kota Padang.

Pertama, sebagai pelayan masyarakat. Dimana masyarakat butuh kedamaian dan ketenangan. Apalagi saat ini Indonesia dilanda covid-19 yang belum juga berakhir.

"Maka itu, MUI diharapkan mampu memberikan kesejukan dan kedamaian di tengah masyarakat," harapnya.

Peran kedua sambungnya, adalah agar MUI bisa menjadi mitra pemerintah. Dalam hal ini diistilahkan, tiga tungku sejarangan atau tiga tali sepilin, ulama, pemerintah dan cendekiawan. 

Kedepan kata Gusrizal Gazahar, tantangan tidak ringan bagi MUI, tantangan itu harus dihadaang demi keselamatan umat. Untuk itu perlu menjadi catatan dan orientasi bagi setiap orang yang masuk ke dalam lembaga MUI. 

"Pekerjaan di lembaga MUI bukanlah pekerjaan ringan, tapi sangalah berat karena berhadapan berbagai karakter umat apalagi suasana seperti sekarang. Namun apabila dilakukan dengan kebersamaan dengan jujur, tulus dan ikhlas, maka pekerjaan berat insya Allah akan menjadi ringan," ungkapnya.

Dalam pengukuhan tersebur juga dihadiri Plh Sekda Kota Padang Edi Hasymi, Camat se-Kota Padang dan unsur Forkompimda beserta jajaran pengurus MUI Sumbar. (Zal/Dv/Prokompim Pdg)

Posting Komentar

0 Komentar